Arif , Widiyanto (2013) PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATA PELAJARAN K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA) DI SMK N 2 DEPOK. S1 thesis, UNY.
|
Text
JURNAL.pdf Download (453kB) | Preview |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah ex-post facto bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self-Efficacy dan Motivasi Berprestasi terhadap Kemandirian Belajar Mata Pelajaran K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di SMK N 2 Depok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomasi Industri SMK N 2 Depok yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda sebagai pengujian hipotesis. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif Self-Efficacy terhadap Kemandirian Belajar Mata Pelajaran K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di SMK N 2 Depok sebesar 39% yang dilihat dari nilai thitung = 4,230 (> ttabel = 1,701), pada signifikansi 5%, (2) Terdapat pengaruh yang positif Motivasi Berprestasi terhadap Kemandirian Belajar Mata Pelajaran K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di SMK N 2 Depok sebesar 25,9% yang dilihat dari nilai thitung = 3,127 (>ttabel =1,701), pada signifikansi 5%, dan (3) Terdapat pengaruh yang positif Self-Efficacy dan Motivasi Berprestasi secara bersama Kemandirian Belajar Mata Pelajaran K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di SMK N 2 Depok sebesar 40,2% yang dilihat dari nilai Fhitung = 9,068 (> Ftabel =2,93) pada signifikansi 5%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Users 1141 not found. |
Date Deposited: | 28 Jan 2013 01:39 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |