PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL PEMESINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK LEONARDO KLATEN

Susanto, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL PEMESINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK LEONARDO KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Artikel Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Modul Terhada.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui prestasi belajar siswa sebelum diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran modul pemesinan di kelas XI TPM SMK Leonardo Klaten, (2) mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran modul pemesinan terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat menggunakan mesin untuk operasi dasar di kelas XI TPM SMK Leonardo Klaten, dan (3) mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran modul pemesinan dan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian diambil 48 siswa, yang terdiri dari 24 siswa kelas XI TPM.A sebagai kelas eksperimen dengan media pembelajaran modul pemesinan dan 24 siswa kelas XI TPM.B sebagai kelas kontrol dengan media konvensional. Data dikumpulkan dari niai pretest dan posttest dengan menggunakan tes objektif. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesisnya menggunakan t-Test dan tes kolmogorov-smirnov. Hasil penelitian ini adalah: (1) pengujian t-test diperoleh t hitung sebesar 0,335 dan t tabel sebesar 2,021 (t hitung < t tabel) yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi belajar siswa sebelum diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran modul pemesinan, (2) pengujian tes kolmogorov smirnov pada nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh KD hitung sebesar 265 dan KD tabel sebesar 9 (KD hitung > KD tabel) yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran modul pemesinan terhadap prestasi belajar siswa, (3) peningkatan nilai rerata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 25,72 poin daripada kelas kontrol yaitu 8,96 poin. Terjadi hubungan yang positif antara penggunaaan media pembelajaran modul pemesinan terhadap peningkatan prestasi belajar dengan sumbangan efektif 13%, sedangkan pada penggunaan media konvensional terjadi hubungan positif antara penggunaan media konvensional terhadap peningkatan prestasi belajar dengan sumbangan efektif 8%, sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran modul pemesinan ini layak digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya pada kompetensi menggunakan mesin untuk operasi dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2013 01:09
Last Modified: 29 Jan 2019 18:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10048

Actions (login required)

View Item View Item