KELENGKAPAN FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER SERTA PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KKPI SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Cristina , Yulika (2013) KELENGKAPAN FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER SERTA PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KKPI SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
jurnal PDF.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana (1) kelengkapan fasilitas laboratorium komputer, (2) motivasi belajar, (3) prestasi belajar, (4) pengaruh motivasi belajar dengan prestasi belajar untuk mata pelajaran KKPI siswa kelas X di SMK N 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Expost Facto yang bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X mata pelajaran KKPI dengan teknik pengambilan sampel yaitu Proporsional Random Sampling. Metode pengambilan data untuk variabel Kelengkapan Fasilitas Laboratorium Komputer dan Motivasi Belajar menggunakan kuesioner model angket dengan skala likert, sedangkan untuk variabel Prestasi Belajar menggunakan metode dokumentasi berupa nilai hasil ujian praktik KKPI. Validitas instrumen penelitian diuji dengan tiga ahli (experts judgment) yang dihitung dengan rumus korelasi Pearson Product Moment. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data untuk rumusan masalah 1, 2, dan 3 menggunakan analisis deskriptif sedangkan rumusan masalah 4 atau hipotesis 1 menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelengkapan Fasilitas Laboratorium Komputer untuk mata pelajaran KKPI siswa kelas X di SMK N 5 Yogyakarta yang memenuhi syarat permendiknas RI No. 40 tahun 2008 adalah meja guru, kursi guru, papan tulis, LCD, printer, scanner, titik akses, pendingin ruangan, kotak kontak, tempat sampah, ukuran papan tulis, software aplikasi dan buku pelajaran. Sedangkan yang belum memenuhi adalah komputer, stabilizier, meja siswa, kursi siswa, jumlah LAN dan jam dinding. Motivasi Belajar siswa kelas X SMK N 5 Yogyakarta dalam kategori sedang sebesar 52,99%, kategori rendah sebesar 27,19%, kategori tinggi sebesar 19,82%. Prestasi Belajar siswa kelas X SMK N 5 Yogyakarta dalam kategori sedang sebesar 46,54%, kategori rendah sebesar 36,87%, kategori tinggi sebesar 16,59%. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar mata pelajaran KKPI siswa kelas X yang ditunjukkan oleh harga koefisien korelasi (R) 0,958 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,918.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2013 00:57
Last Modified: 29 Jan 2019 18:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10045

Actions (login required)

View Item View Item