PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA JOBSHEET TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MENGHIAS KAIN DENGAN TEHNIK JAHIT PERCA KELAS X DI SMK DIPONEGORO DEPOK

Khairunisa , (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA JOBSHEET TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MENGHIAS KAIN DENGAN TEHNIK JAHIT PERCA KELAS X DI SMK DIPONEGORO DEPOK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk :1) mengetahui tingkat pencapaian kompetensi siswa sebelum menggunakan media jobsheet di SMK Diponegoro Depok 2) mengetahui tingkat pencapaian kompetensi siswa sesudah menggunakan media jobsheet di SMK Diponegoro Depok 3) mengetahui pengaruh penggunaan media jobsheet terhadap pencapaian kompetensi menghias kain pada pembuatan sarung bantal kursi dengan teknik jahit perca kelas X di SMK Diponegoro Depok. Jenis Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas X SMK Diponegoro Depok. Metode pengumpulan data dengan observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi sedangkan instrumen penelitian ini menggunakan panduan observasi dan lembar tes unjuk kerja. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji-t untuk sampel mandiri (independen sampel). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pencapaian kompetensi sebelum menggunakan media jobsheet kompetensi menghias kain pada pembuatan sarung bantal kursi dengan teknik jahit perca berada pada kategori Baik dengan nilai rerata (Mean) sebesar 68.12, 2) Pencapaian kompetensi sesudah menggunakan media jobsheet kompetensi menghias kain pada pembuatan sarung bantal kursi dengan teknik jahit perca berada pada kategori Sangat Baik dengan nilai rerata (Mean) sebesar 93.85, 3) Ada pengaruh pencapaian kompetensi menghias kain terhadap pembuatan sarung bantal kursi dengan teknik jahit perca antara sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan Uji-t (t-test) diperoleh T_hitung 7.756>T_tabel1.829,maka dapat simpulkan bahwa media jobsheet sangat berpengaruh terhadap pencapaian kompetensi menghias kain dengan tehnik jahit perca kelas X di SMK Diponegoro Depok.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Busana
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2013 00:47
Last Modified: 29 Jan 2019 18:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10042

Actions (login required)

View Item View Item