HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PERILAKU AGRESI SISWA KELAS X TEKNIK OTOMOTIF DI SMK TAMAN SISWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Hendrawan , Pramundito (2013) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PERILAKU AGRESI SISWA KELAS X TEKNIK OTOMOTIF DI SMK TAMAN SISWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
4. Jurnal Skripsi.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa, mengetahui tingkat perilaku agresi siswa, dan mengetahui hubungan antara motivasi belajar siswa dengan perilaku agresi siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif di SMK Taman Siswa Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Jurusan Otomotif SMK Taman Siswa Yogyakarta yang berjumlah 108 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Metode pengambilan data yang digunakan adalah menggunakan angket untuk variabel motivasi belajar siswa dan perilaku agresi siswa. Validitas yang dilakukan menggunakan metode validitas konstruk dengan persetujuan dosen ahli (expert judgement) dan analisis butir soal menggunakan perhitungan dengan rumus Product Moment Karl Pearson. Reliabilitas dilakukan perhitungannya menggunakan rumus Spearman Brown. Sebelum analisis data dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas. Data yang diperoleh dari perhitungan uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi tidak normal sehingga analisis menggunakan statistik nonparametris. Rumus yang digunakan untuk menghitung koefisien korelasi adalah menggunakan rumus Spearman Rank. Setelah dilakukan perhitungan koefisien korelasi kemudian dilakukan uji signifikansi dengan menghitung harga t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang yaitu dengan nilai 55,26. Perilaku agresi siswa berada pada kategori sangat rendah yaitu dengan nilai 45,94. Terdapat hubungan dengan tingkat sedang dengan nilai r = -0,485. Nilai r = -0,485 menunjukkan bahwa kedua nilai variabel berbanding terbalik, artinya bahwa nilai motivasi belajar tinggi, maka nilai perilaku agresi rendah. Penelitian ini menunjukkan signifikansi atau nyata dengan nilai thitung = 5, 709 yang lebih besar dari ttabel = 1,982.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2013 00:44
Last Modified: 29 Jan 2019 18:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10041

Actions (login required)

View Item View Item