PENGARUH TINGKAT KEPUASAN SISWA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTEK DAN TEORI PADA MATA DIKLAT BODY AND PAINTING DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN 2011/2012

HENDRAWAN , PRASETYO (2013) PENGARUH TINGKAT KEPUASAN SISWA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTEK DAN TEORI PADA MATA DIKLAT BODY AND PAINTING DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN 2011/2012. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan siswa terhadap sarana dan prasarana pada mata diklat Body and Painting, minat belajar siswa pada mata diklat Body and Painting, pengaruh tingkat kepuasan siswa pada sarana dan prasarana terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat Body and Painting dan pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat Body and Painting di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMK PIRI 1 Yogyakarta dengan jumlah sampel 100 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Sampling purposive dimana teknik penentuan sampel dengan pertimbangan atau kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas intrumen melalui pendapat para ahli (expert judgement) dan mengujicobakan instrumen dengan pengujian hasil validitas menggunakan product moment. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Alpha Chronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi linier ganda. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif signifikan antara kepuasan siswa terhadap sarana dan prasarana pada mata diklat Body and Painting dengan prestasi belajar siswa dan minat belajar siswa terhadap pada mata diklat Body and Painting dengan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi kedua variabel tersebut sebesar 0,000 kurang dari 0,05 dan koefisien regresi yang positif. Variabel minat mempunyai pengaruh yang lebih dominan terhadap variabel kepuasan siswa, dengan sumbangan efektif sebesar 31,9% dan variabel kepuasan siswa memberi sumbangan efektif sebesar 20,5%, total sumbangan efektif 52,4%. Dengan demikian kepuasan siswa dan minat belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mata diklat Body and Painting.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2013 00:42
Last Modified: 29 Jan 2019 18:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10040

Actions (login required)

View Item View Item