PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DALAM MEMBUAT POLA DASAR BUSANA WANITA MENGGUNAKAN MEDIA FLIPCHART BERBANTUAN JOBSHEET DI SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

DUMA TRIANITA , GULTOM (2013) PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DALAM MEMBUAT POLA DASAR BUSANA WANITA MENGGUNAKAN MEDIA FLIPCHART BERBANTUAN JOBSHEET DI SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran pembuatan pola dasar badan sistem praktis dengan menggunaan media flipchart berbantuan jobsheet di kelas X SMK Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta dan (2) mengetahui peningkatan kompetensi siswa dalam membuat pola dasar badan sistem praktis dengan menggunakan media flipchart berbantuan jobsheet di kelas X SMK Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaborasi dengan model spiral dari Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas X Busana Butik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan dan lembar penilaian unjuk kerja. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas isi (content validity), dan validitas konstrak (construct validity). Reliabilitas instrumen menggunakan teknik antar rater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran membuat pola dasar sistem praktis menggunakan media flipchart berbantuan jobsheet, berjalan dengan baik, refleksi pada siklus I mengalami peningkatan tetapi belum stabil dengan rata-rata kelas 72,3 (14%) yang semula rata-rata 63,7. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata kelas 82 (28,3%) telah maksimal sesuai yang diharapkan. (2) Kompetensi siswa membuat pola sistem praktis dari siklus I, siklus II mengalami peningkatan sebesar 28,30%. Hasil penelitian ini membuktikan terdapat peningkatan kompetensi dalam membuat pola dasar sistem praktis menggunakan media flipchart berbantuan jobsheet di SMK Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2013 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 18:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10039

Actions (login required)

View Item View Item