PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM PEMINDAH TENAGA KOMPETENSI MEMELIHARA TRANSMISI KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 GANTIWARNO KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013

Hermin , Tribintari (2013) PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM PEMINDAH TENAGA KOMPETENSI MEMELIHARA TRANSMISI KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 GANTIWARNO KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem pemindah tenaga kompetensi memelihara transmisi melalui penerapan metode index card match kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Gantiwarno Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 dengan pencapaian persentase ketuntasan belajar siswa 75%. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), pada prosesnya menerapkan metode index card match. Penelitian tindakan kelas ini ada 4 tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI B TKR SMK Negeri 1 Gantiwarno Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 dengan jumlah 33 siswa. Pelaksanaan penelitian ini menerapkan 2 siklus. Langkah-langkah pelaksanaan metode index card match yaitu membagi kelas menjadi 4 kelompok. Kelompok 1 dan 3 mendapat kartu berisi pertanyaan, sedangkan kelompok 2 dan 4 mendapat kartu berisi jawaban. Semua kelompok diminta mencari pasangan kartu, setelah menemukan pasangannya siswa diminta membacakan soal yang diperoleh selanjutnya soal tersebut dijawab oleh pasangannya. Prestasi belajar diukur dengan melaksanakan tes awal pada awal pertemuan dan tes akhir pada akhir pertemuan. Uji validitas instrumen menggunakan product moment. Reabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran menggunakan metode index card match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem pemindah tenaga kompetensi memelihara transmisi kelas XI B Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Gantiwarno. Hasil tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil rata-rata nilai tes akhir pada akhir setiap siklus selalu meningkat yaitu, rata-rata siklus I sebesar 79,45; siklus II sebesar 85,48. Pencapaian prestasi belajar telah mencapai standar kriteria kelulusan minimum (KKM) yaitu 75 sebanyak 24 siswa atau 72,7% pada siklus I, dan 27 siswa atau 81,8% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2013 00:36
Last Modified: 29 Jan 2019 18:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10038

Actions (login required)

View Item View Item