HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DAN TINGKAT PEMAHAMAN GAMBAR TEKNIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MAPEL MPB

Fauzan Arafat , Siahaan (2013) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DAN TINGKAT PEMAHAMAN GAMBAR TEKNIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MAPEL MPB. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL Fas.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui tingkat disiplin belajar siswa kelas XI jurusan pemesinan, (2) mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas XI jurusan pemesinan terhadap gambar teknik, (3) mengetahui tingkat prestasi belajar mata pelajaran (Mapel) Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut (MPB) siswa kelas XI jurusan pemesinan, (4) mengetahui tingkat hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar Mapel MPB, (5) mengetahui tingkat hubungan tingkat pemahaman gambar teknik dengan prestasi belajar Mapel MPB, (6) mengetahui tingkat hubungan disiplin belajar dan tingkat pemahaman gambar teknik dengan prestasi belajar Mapel MPB. Metode yang digunakan pada penelitian adalah ex-postfacto. Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, kemudian dilanjutkan dengan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi ganda, dan regresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat disiplin belajar siswa termasuk kategori cukup dan tingkat pemahaman gambar teknik termasuk dalam kategori cukup, sedangkan untuk prestasi belajar mapel MPB termasuk dalam kategori baik. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar mapel MPB (rhitung = 0.580 > rtabel = 0.162, thitung = 7.196 > ttabel = 1.659, Fhitung = 51.779 > Ftabel = 4.00 , p < 0.05, adjusted R2 = 0,330). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara tingkat pemahaman gambar teknik dengan prestasi belajar mapel MPB (rhitung = 0.539 > rtabel = 0.162, thitung = 6.461 > ttabel = 1.659, Fhitung = 41.743 > Ftabel = 4.00, p < 0.05, adjusted R2 = 0,283). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dan tingkat pemahaman gambar teknik dengan prestasi belajar mapel MPB (R = 0.681, thitung = 5.723 dan 4.901 > ttabel = 1.659, Fhitung = 43.742 > Ftabel = 4.00, p < 0.05, adjusted R2 = 0,454). Dengan demikian untuk meningkat prestasi belajar mapel MPB dapat dilakukan dengan cara meningkatkan disiplin belajar dan tingkat pemaham gambar teknik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2013 04:01
Last Modified: 29 Jan 2019 18:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10029

Actions (login required)

View Item View Item