PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL MATA PELAJARAN MENGUKUR BESARAN-BESARAN LISTRIK DALAM RANGKAIAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X

Ragil Agung , Nugroho (2013) PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL MATA PELAJARAN MENGUKUR BESARAN-BESARAN LISTRIK DALAM RANGKAIAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI, RAGIL AGUNG NUGROHO (07518244002).pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penyelengaraan program remedial dengan aspek tujuan, metode, media, materi, waktu, tempat, dan evaluasi pada mata pelajaran mengukur besaran-besaran listrik dalam rangkaian elektronika siswa kelas X di SMK N 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan non eksperimental atau expost facto. Subjek penelitian adalah siswa kelas X program keahlian Elektronika Industri tahun ajaran 2011/2012 semester genap (semester dua) di SMK Negeri 2 Wonosari. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tujuan pelaksanaan program remedial KK01 di SMK N 2 Wonosari adalah untuk memenuhi hak siswa, yaitu memeperbaiki nilai siswa sampai mencapai kriteria ketuntasan minimum, yaitu ≥ 76. Persepsi siswa terhadap penerapan program remedial aspek tujuan termasuk dalam kategori baik. Persentase sebagian siswa (70,00%) termasuk di kategori “baik”. Metode yang digunakan dalam program remedial adalah metode pemberian tugas, yaitu siswa ditugaskan untuk mencari artikel yang berkaitan dengan materi yang sedang diujikan. Persepsi siswa terhadap penerapan program remedial aspek metode termasuk dalam kategori baik. Persentase sebagian siswa (63, %) termasuk di kategori “baik”. Materi yang disampaikan untuk pembelajaran remedial adalah materi KK01 yang belum dikuasai oleh siswa. Media yang digunakan guru pada saat pembelajaran remedial adalah dengan buku paket dan power point. Persepsi siswa terhadap penerapan program remedial aspek materi dan media termasuk dalam kategori baik. Persentase sebagian siswa (60, %) termasuk di kategori “baik”. Waktu pelaksanaan program dilaksanakan tiap kompetensi dasar selesai diajarkan, yaitu setelah pembelajaran selesai dilakukan sehingga tidak menganggu proses belajar mengajar. Tempat yang digunakan di ruang kelas, perpustakaan dan laboratorium elektro. Persepsi siswa terhadap penerapan program remedial aspek waktu dan tempat termasuk dalam kategori baik. Persentase sebagian siswa (53, %) termasuk di kategori “baik”. Evaluasi dilakukan dari hasil nilai pengumpulan tugas kemudian dijumlahkan dengan nilai hasil ulangan, yang kemudian diambil nilai rata-ratanya dan hasilnya merupakan nilai siswa setelah mengikuti remedial. Persepsi siswa terhadap penerapan program remedial sub evaluasi termasuk dalam kategori sangat baik. Persentase sebagian siswa (60, %) termasuk di kategori “baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2013 00:27
Last Modified: 29 Jan 2019 18:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10015

Actions (login required)

View Item View Item