KAJIAN TERHADAP KENYAMANAN RUANG TEORI DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DITINJAU DARI PENCAHAYAAN ALAMI DAN PENCAHAYAAN CAMPURAN

Ashari , Aziz (2013) KAJIAN TERHADAP KENYAMANAN RUANG TEORI DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DITINJAU DARI PENCAHAYAAN ALAMI DAN PENCAHAYAAN CAMPURAN. D3 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
JURNAL TEKNIK SIPIL. Ashari Aziz.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Pencahayaan merupakan salah satu faktor penting dalam perancangan ruang. Ruang yang kuat terangnya kurang atau berlebihan akan mengurangi kenyamanan pengguna ruang. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kuat pencahayaan buatan atau alami pada Ruang-ruang teori di Fakultas Teknik Negeri UNY telah memenuhi standar minimum pencahayaan yan disyaratkan. Kajian diawali penelusuran tentang dasar teori dan standar pencahayaan buatan dan alami pada bangunan gedung, kemudian dilakukan pengamatan, pengukuran, penggambaran, pengambilan gambar (dokumentasi) dan pengambilan data. Pengambilan data memakai 4 cara yaitu, pengukuran pencahayaan alami menggunakan lux meter, pengukuran pencahayaan buatan menggunakan lux meter dan perhitungan pencahyaan alami menggunakan rumus FL dan perhitungan pencahayaan buatan menggunakan rumus. Hal ini untuk mengetahui apakah pencahayaan buatan dan alami pada ruang-ruang teori Fakultas Teknik UNY telah memenuhi standar minimum pencahayaan yang disyaratkan atau belum. Pada hasil kajian pencahayaan alami, kuat pencahayaan pada ruang teori diukur dengan menggunakan lux meter pada pukul 07.00 wib semua ruang belum mencapai standar minimum, karena memang pada jam tersebut dilakukan pula pengukuran pencahayaan campuran, pada pukul 12.00 wib 3 (tiga) ruang teori atau 23 % ruang sudah mencapai standar minimum sedangkan yang menggunakan rumus yaitu 46 % ruang sudah mencapai standar minimum. Pada hasil studi pencahayaan campuran, kuat pencahayaan ruang teori yang diukur menggunakan luxmeter 60 % ruang yang diuji sudah memenuhi standar minimum pencahayaan buatan yaitu lebih besar dari 250 lux sedangkan yang menggunakan rumus yaitu 85 % sudah mencapai standar minimum.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2013 00:23
Last Modified: 29 Jan 2019 02:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10014

Actions (login required)

View Item View Item