PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PROMOSI STATIS DI SMK NEGERI 1 PENGASIH

Dzakiyah , Rahayu A. (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PROMOSI STATIS DI SMK NEGERI 1 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
4. Jurnal (PDF).pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif mata pelajaran promosi statis di SMK N 1 Pengasih, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif sebagai media pelajaran promosi statis di SMK N 1 Pengasih, (3) mengetahui pendapat siswa kelas XII program keahlian busana butik di SMK N 1 Pengasih sebagai pengguna media pembelajaraan interaktif pada mata pelajaran promosi statis. Pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran promosi statis di SMK N 1 Pengasih ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R and D). Tahapan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan dari Timpuslitjaknov yaitu meliputi : (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil, (5) uji coba lapangan skala besar. Proses analisis kebutuhan yaitu mengkaji kebutuhan media untuk mata pelajaran promosi statis. Pengembangan produk awal merupakan proses pembuatan media yang didasarkan pada analisis kebutuhan. Uji ahli atau validasi dilakukan oleh 3 orang ahli media dan 3 orang ahli materi untuk menilai produk awal serta merevisi produk awal sesuai saran para ahli. Uji lapangan skala kecil dilakukan oleh 12 siswa dan uji lapangan skala besar dilakukan oleh 32 siswa kelas XII program keahlian busana bukti di SMK N 1 Pengasih. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan angket. Instrumen penelitiannya berupa panduan observasi, panduan wawancara dan angket. Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk media pembelajaran interaktif mata pelajaran promosi statis yang telah diuji kelayakannya oleh ahli media, ahli materi dan siswa sebagai pengguna media tersebut. Keseluruhan hasil uji coba menunjukkan hasil yang baik yaitu memperoleh kategori sangat layak dengan rincian : (1) uji ahli materi mendapatkan hasil 3,53 atau 88,25% sangat layak, (2) uji ahli media mendapatkan hasil 3,51atau 87,75% sangat layak, (3) uji skala kecil oleh siswa memperoleh hasil 3,56 atau 89% sangat layak, (4) uji skala besar oleh siswa memperoleh hasil 3,59 atau 89,75% sangat layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan media tersebut maka dapat simpulkan bahwa media pemebalajaran interaktif sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran promosi statis di SMK N 1 Pengasih.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2013 00:11
Last Modified: 29 Jan 2019 18:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10013

Actions (login required)

View Item View Item