%0 Thesis %9 S2 %A WIKA , RINAWATI %A Dr. Moch Alip, %A Dr. Ali Muhtadi, %A Dr. Christina Ismaniati, %A Herman Dwi Surjono, Ph.D, %B PASCA SARJANA %D 2012 %F UNY:8484 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K Pengembangan, Multimedia, Pembelajaran Table manner. %T PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TABLE MANNER GUNA MENDUKUNG PEMBELAJARAN FOOD AND BEVERAGE SERVICE %U http://eprints.uny.ac.id/8484/ %X Tujuan penelitian ini adalah: menghasilkan produk software multimedia pembelajaran table manner berbasis komputer yang layak sebagai sumber belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang artinya penelitian ini menghasilkan produk. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Boga Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (PTBB FT UNY) semester empat. Prosedur penelitian pengembangan yang dilakukan, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) planning, (3) development, dan (4) validasi/evaluasi. Evaluasi produk (1) evaluasi formatif yang meliputi: ongoing evaluation, alpha tes (ahli materi dan ahli media), dan beta tes (pengguna); (2) evaluasi sumatif untuk mengetahui kemampuan belajar mahasiswa. Jenis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan jenis instrumen yaitu: angket, wawancara, pengamatan, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan modus. Materi yang disajikan dalam program ini adalah: etiket berbusana, pengetahuan menu, alat hidang, dan etiket perjamuan. Materi didesain dengan menggunakan permodelan dalam bentuk video dan foto. Quiz ditampilkan setelah materi alat hidang dalam bentuk aplikasi alat hidang pada hidangan berdasarkan struktur menu kontinental. Evaluasi sumatif disajikan dalam bentuk cek poin dengan skor keseluruhan diakhir program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: multimedia pembelajaran Table Manner yang dikembangkan dalam bentuk kepingan CD bersifat interaktif telah terbukti layak menurut ahli media, ahli materi dan mahasiswa. Dilihat dari aspek kualitas materi 58,8% sangat layak, aspek kemanfaatan 100% sangat layak, dari aspek keefektifan desain layar 68,8% sangat layak, aspek kemudahan 100% sangat layak, aspek keefektifan navigasi 100% sangat layak, aspek kemanfaatan 50% layak dan sangat layak, aspek kemudahan pengoperasian 69,6% layak, aspek kemudahan 66,6% layak, dan aspek kemenarikan tampilan 66,6% layak. Kata kunci: Pengembangan, Multimedia, Pembelajaran Table manner.