eprintid: 75384 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 71521 dir: disk0/00/07/53/84 datestamp: 2022-12-01 04:28:59 lastmod: 2022-12-01 04:28:59 status_changed: 2022-12-01 04:28:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Novitasari, Desiana corp_creators: Universitas Negeri Yogyakarta title: PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA INGGRIS DI SMPN 2 WONOSARI GUNUNGKIDUL ispublished: pub subjects: D10 subjects: administrasi_pendidikan divisions: fip_ap full_text_status: restricted keywords: peran, kepala sekolah, kompetensi profesional guru abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kompetensi profesional yang dimiliki guru bahasa Inggris di SMPN 2 Wonosari. (2) Peran kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan kompetensi profesional guru bahasa Inggris di SMPN 2 Wonosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi di SMPN 2 Wonosari. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru bahasa Inggris. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu dengan pedoman wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif diskriptif. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini dilaporkan apa adanya kemudian diinterpretasikan secara kualitatif untuk diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kompetensi profesional guru yang dimiliki guru bahasa Inggris SMPN 2 Wonosari yaitu memahamkan materi ke peserta didik, menguasai ilmu pengetahuan yang relevaan dengan bidang studinya meskipun terdapat kendala pandemi dalam proses pembelajarannya, dan mengikuti kegiatan dalam meningkatkan kompetensi profesional. (2) Peran yang dilakukan kepala sekolah dalam mengambil keputusan yaitu dengan bersikap demokratif dan tidak otoriter. Selain sebagai pemimpin, kepala sekolah bertanggung jawab atas segala hal (kompetensi guru,peserta didik, kurikulum) yang ada di sekolah agar guru bahasa Inggris dan peserta didik menyadari tujuan sekolah yang telah ditetapkan. Dalam memberi bimbingan, kepala sekolah menargetkan guru bahasa Inggris untuk menyelesaikan target kurikulum serta mengutamakan komunikasi yang baik, melalui sosialisasi kepada guru bahasa ingris dan peserta didik. Tidak hanya memberikan perubahan ke arah yang lebih baik dan dapat dijadikan acuan untuk tahun yang akan datang. date: 2022-04-09 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: Administrasi Perkantoran thesis_type: skripsi citation: Novitasari, Desiana (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA INGGRIS DI SMPN 2 WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/75384/1/fulltext_desiana%20novitasari_17101241014.pdf