TY - JOUR PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY SN - 978-979-16353-6-3 Y1 - 2011/12/03/ AV - public KW - presiasi siswa KW - sumber belajar ID - UNY7388 JF - Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran A1 - Niken Wahyu, Utami UR - http://www.uny.ac.id TI - Optimalisasi Sumber Belajar Dalam Peningkatan Apresiasi Siswa Terhadap Matematika N2 - Matematika merupakan mata pelajaran yang penting dan banyak aplikasinya dalam kehidupan, sehingga siswa diharapkan dapat apresiatif terhadap matematika, Untuk itu, guru perlu menciptakan pembelajaran yang menumbuhkembangkan sikap apresiatif siswa terhadap matematika. Hal-hal yang dapat meningkatkan apresiasi diantaranya dilakukan dengan menggunakan masalah-masalah kontekstual yang disesuaikan dengan materi pembelajaran, menggunakan aktivitas pembelajaran yang memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, dan menggunakan alat peraga visual yang menarik perhatian dan mengkonstruk pemahaman siswa. Oleh karena itu, kita dapat mengoptimalkan sumber belajar dalam menumbuhkembangkan sikap apresiatif siswa, misalnya untuk menyajikan masalah-masalah kontekstual, menjadikannya alat peraga visual, ataupun mengkondisikan siswa dalam kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar. Key word: apresiasi siswa, sumber belajar. ER -