TY - JOUR JF - Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran UR - http://www.uny.ac.id TI - Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Koneksi Matematis AV - public A1 - Asep Ikin, Sugandi PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY N2 - Artikel ini melaporkan hasil temuan suatu kuasi eksperimen dengan disain tes akhir kelompok kontrol untuk menelaah pengaruh pembelajaran Kooperatif tipe Thik Talk Write dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis. Studi ini melibatkan 80 siswa dari tiga SMP level sedang di kota Cimahi. Instrumen penelitian terdiri dari dua set tes pemecahan masalah dan koneksi matematis. Penelitian menemukan bahwa pembelajaran Kooperatif tipe Thik Talk Write memberikan pengaruh terbesar dibandingkan dengan pengaruh pembelajaran konvensional dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematik. Ditemukan pula tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan level kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah maupun koneksi matematis. Kata Kunci : pemecahan masalah matematis, koneksi matematis pembelajaran Kooperatif, Tipe TTW. Y1 - 2011/12/03/ SN - 978-979-16353-6-3 ID - UNY7362 KW - pemecahan masalah matematis KW - koneksi matematis pembelajaran Kooperatif KW - Tipe TTW ER -