<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Analisis Kualitatif terhadap Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills dan Strategi Praktis Mengatasinya."^^ . "Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki kecenderungan untuk memegang prinsip Teacher Centered Learning (TCL) atau masih mendominasi pada setiap kegiatan pembelajaran. Fenomena tersebut mengindikasikan kemungkinan bahwa guru PAI masih belum bisa memberikan kontribusi pemikirannya terkait ide-ide kreatif sebagai karakteristik pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kualitatif berbagai hambatan yang dialami oleh guru PAI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dalam menerapkan pembelajaran PAI berbasis HOTS.\r\nPenelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Berdasarkan etika dalam penelitian, mengenai tempat dan nama partisipan disamarkan dan digunakan nama yang bukan aslinya. Penelitian ini dilaksanakan di dua MAN yaitu Sekolah Aktif dan Sekolah Kreatif yang berada di Kabupaten Kartanegara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2019 sampai dengan bulan Maret 2020. Partisipan penelitian ini yaitu guru PAI dari ke dua MAN tersebut dengan masing-masing sekolah berjumlah 5 guru, sehingga jumlah keseluruhan ada 10 guru. Penentuan partisipan berdasarkan kualifikasi guru yang masih dalam usia produktif, jenis kelamin dan telah memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur dan studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data atau triangulasi sumber. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis tematik dengan ATLAS.ti 8.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hambatan yang dialami oleh guru PAI dalam menerapkan pembelajaran berbasis HOTS sangat kompleks. (a) Pemahaman konseptual guru PAI terhadap HOTS masih kurang optimal dikarenakan faktor demografi (umur dan riwayat pendidikan), kondisi sekolah dan terbatasnya kegiatan diklat. (b) Hal ini menyebabkan penerapan pembelajaran berbasis HOTS oleh guru PAI mulai dari kegiatan pendahuluan, inti, sampai dengan penutup berjalan kurang maksimal. (c) Kompleksitas hambatan yang dialami oleh guru PAI dalam menerapkan pembelajaran HOTS mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan sampai dengan kegiatan penilaian. (2) Terdapat sembilan solusi atau strategi praktis untuk mengatasi hambatan yang disampaikan oleh guru PAI agar pembelajaran HOTS dapat diterapkan secara optimal. Namun, hasil analisis diperoleh tiga strategi praktis yang sangat diperlukan oleh guru PAI."^^ . "2020-12-28" . . . "Program Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Caly"^^ . "Setiawan"^^ . "Caly Setiawan"^^ . . "Neneng Kurnia Rahma"^^ . "Putri"^^ . "Neneng Kurnia Rahma Putri"^^ . . . . . . "Analisis Kualitatif terhadap Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills dan Strategi Praktis Mengatasinya. (Text)"^^ . . . "Analisis Kualitatif terhadap Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills dan Strategi Praktis Mengatasinya. (Other)"^^ . . . . . . "Analisis Kualitatif terhadap Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills dan Strategi Praktis Mengatasinya. (Other)"^^ . . . . . . "Analisis Kualitatif terhadap Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills dan Strategi Praktis Mengatasinya. (Other)"^^ . . . . . . "Analisis Kualitatif terhadap Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills dan Strategi Praktis Mengatasinya. (Other)"^^ . . . . . . "Analisis Kualitatif terhadap Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills dan Strategi Praktis Mengatasinya. (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #72997 \n\nAnalisis Kualitatif terhadap Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills dan Strategi Praktis Mengatasinya.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan (Umum)"@en . .