eprintid: 67882 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/78/82 datestamp: 2020-03-17 05:04:24 lastmod: 2021-05-31 08:01:36 status_changed: 2020-03-17 05:04:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wulandari, Siska Ayu creators_name: Muhyadi, Muyhadi title: Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Kompetensi Manajerial dan Kewirausahaan di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. ispublished: pub subjects: D10 divisions: pps_mp full_text_status: restricted keywords: evaluasi, kinerja, kompetensi, manajerial, kewirausahaan, kepala sekolah abstract: Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja kepala sekolah dalam mengimplementasikan kompetensi manajerial dan kewirausahaan di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas sejumlah 37 kepala sekolah. Teknik pengambilan sampel kepala sekolah adalah sampel populasi. Instrumen dibuat dalam bentuk angket mengenai kompetensi manajerial dan kewirausahaan kepala sekolah yang terdiri dari angket kepala sekolah. Validasi instrumen menggunakan validasi ahli di bidang manajemen pendidikan. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kinerja kepala sekolah dalam mengimplementasikan kompetensi manajerial di Sekolah Dasar Negeri Se- Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas berdasarkan pendapat kepala sekolah mencapai 81,76% dari skor ideal 100% termasuk dalam ketegori sangat baik dengan perolehan masing-masing komponen (a) pelaksanaan program sekolah termasuk kategori sangat baik sebesar 85,02%, (b) pengorganisasian program sekolah termasuk kategori baik sebesar 80,91%, (c) pelaksanaan program sekolah termasuk kategori sangat baik sebesar 82,49%, dan (d) pengawasan program sekolah termasuk kategori baik sebesar 77,70%; dan (2) kinerja kepala sekolah dalam mengimplementasikan kompetensi kewirausahaan di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas berdasarkan pendapat kepala sekolah mencapai 74,65% dari skor ideal 100% termasuk dalam kategori baik dengan perolehan masing-masing komponen (a) menciptakan inovasi sekolah termasuk kategori sangat baik sebesar 81,42%, (b) bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah termasuk kategori baik sebesar 69,37, (c) motivasi untuk sukses termasuk kategori termasuk kategori baik sebesar 76,08%, (d) pantang menyerah dalam menyelesaikan kendala di sekolah termasuk kategori baik sebesar 78,92%, dan (e) pengelolaan unit produksi/jasa di sekolah termasuk kategori baik sebesar 69,86%. date: 2019-11-13 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Manajemen Pendidikan thesis_type: tesis referencetext: Adi. (2016). Implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. Jurnal Akuntablilitas Manajemen Pendidikan, Vol. 4, No 1. Retrieved from https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.8194. Aedi, N. (2016). Dasar-dasar manajemen pendidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing. Alhadi. (2018). Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah efektif di MTs Muhammad Basiuni Imran Sambas. Journal of Research and Thought of Islamic Education, Vol. 1, No 1. Retrieved from http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/jrtie/article/view/1066. Ansor, A. S., & Muttahidah. (2016). Pengantar manajemen (management principle planning organizing actuating controlling). Yogyakarta: Fajar Media. Badrudin. (2015). Dasar-dasar manajemen. Bandung: Alfabeta. Bainbridge, S. (2007). Creating a vision for your school moving from purpose to practice. London: Paul Chapman Publishing. Balyer, A. (2016). School principals’ administrative competency: teachers’ views. YILDIZ Journal of Educational Research, 1(1), 16-36. Retrieved form http://eds.yildiz.edu.tr/ajaxtool/GetArticleByPublishedArticleId?Published ArticleId=2387. Bekti, A. Y. (2016). Manajerial kepala sekolah dalam menciptakan sekolah efektif. Tesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya. Brundrett, M. (2013). Principles of school leadership. New Delhi: SAGE Publications. Cieslik, J. (2017). Entrepreneurship in emerging economies. Poland: Palgrave Macmillan. Coleman, M, & Glover, D. (2010). Educational leadership and management developing insights and skills. New York: Rineka Cipta. Danim, S., & Suparno. (2009). Manajemen dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Jakarta: Rieneke Cipta. Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud RI. 111 (2018). Formulir Penilaian sasaran kinerja Kepala SD. Jakarta: Kemdikbud RI. Retrieved from http://pkks.tendikdikdasmen.net. Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. (2017). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: Alfabeta. Finnigan, K.S. (2010). Principal leadership and teacher motivation under high- stakes accountability policies. Leadership and Policy in Schools. Retrieved from https://doi.org/10.1080/15700760903216174 Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. (2011). Program evaluation: alternative approaches and practical guidelines. New Jersey: PEARSON. Hamid, Z., Bisschoff, C.A., & Botha, C. J. (2016). The role played by principals as managers and leaders of public schools in Swaziland. International Journal of Education Sciencies. Retrieved from https://doi.org/10.1080/09751122.2016.11890429 Hamzah. (2016). Dimensi kompetensi manajerial kepala sekolah dasar negeri 006 tanjung sum dan sekolah dasar negeri 008 sungai solok kecamatan kuala kampar kabupaten pelalawan. Tesis, Univerisitas Negeri Yogyakarta. Haris, A. (2018). Kemimpinan pendidikan: teori, studi kasus, & aplikasi. Bandung: Alfabeta. Hisrich, R. D. (2008). Entrepreneurship. New York: Mc Graw Hill. Hitt, D. H., Woodruff, D., Meyers, C. V., & Zhu, G. (2018). Principal competencies that make a difference: identifying a model for leaders of school turnaround. Journal of School Leadership, Vol 28. Retrieved from https://www.clearviewconsulting.com/wp- content/uploads/2018/03/principal-competencies-that-make-a-difference- journal-of-school-leadership-january-2018.pdf. Horth, D., & Buchner, D. (2014). Innovation leadership: how to use innovation to lead effectively, work collaboratively, and drive results. U.S. : Center for crative leadership. Hoy, W. K. and Miskel, C. G. (2013). Educational administration (9nd Edition). New York: McGraw-Hill. Iswadi. (2016). Kewirausahaan kepala sekolah. Manajer Pendidikan, Vol. 10, No. 5. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/download /.../1086. 112 Jones, J. (2014). Management skills in schools. London: SAGE. Karwati, E., & Priansa, D.J. (2013). Kinerja dan profesionalisme kepala sekolah. Bandung: Alfabeta. Kasmir. (2018). Manajemen sumber daya manusia (teori dan praktik). Depok: Rajawali Pers. Kemendikbud. (2018). Permendikbud No. 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. __________________ Permendikbud No. 15 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Khasanah, A. D. (2018) Evaluasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah SMK di Kabupaten Magelang. Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta. Kimmelman, P. L. (2010). The school leadership triangle: from compliance to innovation. California: Corwin. Kirana, K. C., & Ratnasari, S. T. (2017). Evaluasi kinerja sumber daya manusia (SDM). Yogyakarta: Gosyen Publishing. Kompri. (2017). Standarisasi kompetensi kepala sekolah pendekatan teori untuk praktek profesional. Jakarta: Kencana. Kowalski, T. J. (2010). The school principal. New York: Routledge. Lembaga Administrasi Negara RI. (2018). Peraturan Lembaga Adminstrasi Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil. Lourmpas, S., & Dakopoulou, A. (2014). Educational leaders and teachers’ motivation for engagement in innovative programmes the case of Greece. Social and Behavioral Sciences. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.764. Lynch, M. (2012). A guide to effective school leadership theories. New York: Routledge. Mangkunegara, A. P. (2012). Evaluasi kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama. Menteri Pendidikan Nasional. (2007). Permendiknas No. 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. 113 Mestry, R. (2017). Empowering principals to lead and manage public schools effectively in the 21st century. South African Journal of Education. Retrieved from DOI: 10.15700/saje.v37n1a1334. Mulyasa, H. E. (2003). Kurikulum berbasis kompetensi (konsep, karakteristik dan implementasi). Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. ____________. (2007). Menjadi kepala sekolah profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. ____________. (2017). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. Mulyono. (2008). Manajemen administrasi & organisasi pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Mustamin, Muzammil MA. (2012). Using concept mapping to build concept the competence of school principals. Journal of Education and Learning. Vol.6 (4) pp.215-222. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/287545204_Using_Concept_Ma pping_o_Build_Concept_the_Competence_of_School_Principals. Mustari, M. (2014). Nilai karakter: refleksi untuk pendidikan. Jakarta: Rajawali Press. Naile, I. (2014). The role of leadership in employee motivation. Mediterrenaen Journal of Social Science. Retrieved from DOI:10.5901/mjss.2014.v5n3p175. Nawawi, H. (2006). Evaluasi dan manajemen kinerja di lingkungan perusahaan dan industri. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE. Oktavia, R. (2014). Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Bahana Manajemen Pendidikan, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol 2, No 1. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/3803. Purwanto, N. (2002). Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Pongoh, S. (2014). The effect of principal leadership and achievement motivation teaching competence of public school teacher in Manado City. Journal of 114 Education and Practice. Retrieved from https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/viewFile/10424/1062 1. Presiden Republik Indonesia. (2013). PP No 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Presiden Republik Indonesia. (2017). Pemerintah RI No. 19/2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Presiden Republik Indonesia. (2019). Pemerintah RI No. 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Negeri Sipil. Priansa, D. J. (2017). Menjadi kepala sekolah dan guru profesional: konsep, peran strategis dan pengembangannya. Bandung: Pustaka Setia. Provus, M. (1969). The discrepancy evaluation modelan approach to local program improvement and development. Pensylvania: PittsburgPublic School. Ratvi, H. (2013). Traits of successful entrepreuneurs. International Journal of Scientific Research, Vol 2 Issue 11. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/273445209_Traits_of_Successfu l_Entrepreneurs/download. Rivai, V., & Basri, A. F. M. (2005). Performance appraisal: sistem yang tepat untuk menilai kinerja karyawan dan meningkatkan daya saing perusahaan. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Robbins, S.P., & Coulter, M. (2013). Management (eleventh edition). England: Pearson. ___________., & Judge, T.A. (2017). Oganizational behavior. England: Pearson Education. Saroni, M. (2006). Manajemen sekolah: kiat menjadi pendidik yang kompeten. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Schuler, R. S., & Jackson, S. E. (1999). Manajemen sumber daya manusia: menghadapi abad ke-21 (Terjemahan oleh Abdul Rosyid S. S., Peter Remy Yosy Pasla. M.B.A. & Yati Sumiharti, S.E.). Jakarta: Erlangga. Shahmohammadia, N. (2015). The relationship between management style with human relations and job satisfaction among guidance schools’ principals in District 3 of Karaj. Social and Behavioral Sciences. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.09.069. 115 Sharma, M.K., & Jain, S. (2013). Leadership management: principles, models and theories. Journal of Management and Business Studies,Vol 3, No 3, 309- 318. Retrieved from https://www.ripublication.com/gjmbs_spl/gjmbsv3n3spl_14.pdf. Spillane, J.P. (2010). Conceptualizing school leadership and management from a distributed perspective. The elementary School Journal, 111, 253-281. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/259077336_Conceptualizing_sc hool_leadership_and_management_from_a_distributed_perspective. Suharsimi, A., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. _____________, & Yuliana, L. (2017). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Graha Cendekia. Suryana, Y., & Bayu, K. (2010). Kewirausahaan: pendekatan karakteristik wirausahawan sukses. Jakarta: Kencana. Suwatno & Priansa, D. J. (2011). Manajemen SDM dalam organisasi publik dan bisnis. Bandung: Alfabeta. Terry, G. R. (1977). Principles of Management. Homewood, Illinois: Richard D.Irwin. Triatna, Cepi. (2015). Pengembangan manajemen sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya. Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan kepala sekolah tinjauan teoritik dan permasalahanya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Wahyuddin, W. (2017). Headmaster leadership and teacher competence in increasing student achievement in school. International Education Studies. Retrived from DOI:10.5539/ies.v10n3p215. Wibowo. (2007). Manajemen kinerja. Jakarta: Rajagrafindo. Wibowo, A. (2010). Manager dan leader sekolah masa depan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Winario, M. (2018). Pengaruh kepala sekolah yang berjiwa wirausaha terhadap program sekolah. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, Vol. 1 No. 1. Retrieved from http://ejournal.uin- suska.ac.id/index.php/IJIEM/article/view/5239. 116 Winarno. (2011). Pengembangan sikap entrepreunership & intrapreneurship. Jakarta: Indeks. Wirawan. (2009). Evaluasi kinerja sumber daya manusia: teori aplikasi dan penelitian. Jakarta: Salemba Empat. Wiyatno. (2013). Peran Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 3 Jetis Bantul Yogyakarta. Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta. Zawawi, N. F. M., Wahab, S.W., Al-Mamun, A., Yaacob, A. S., Sammy, N. K. A/L., & Fazal, S. A. (2016). Defining the concept of innovation and firm innovatiness: a critical analysis from resorce-based view perspective. International Journal of Business and Management. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/303521736_Defining_the_Conce pt_of_Innovation_and_Firm_Innovativeness_A_Critical_Analysis_from_ Resorce-Based_View_Perspective. citation: Wulandari, Siska Ayu and Muhyadi, Muyhadi (2019) Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Kompetensi Manajerial dan Kewirausahaan di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/67882/1/Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67882/2/Bab%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67882/3/Bab%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67882/4/Bab%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67882/5/Bab%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67882/6/Bab%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67882/7/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/67882/8/Lampiran.pdf