%0 Thesis %9 S2 %A Wulandari, Siska Ayu %A Muhyadi, Muyhadi %B Manajemen Pendidikan %D 2019 %F UNY:67882 %I Program Pascasarjana %K evaluasi, kinerja, kompetensi, manajerial, kewirausahaan, kepala sekolah %T Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Kompetensi Manajerial dan Kewirausahaan di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. %U http://eprints.uny.ac.id/67882/ %X Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja kepala sekolah dalam mengimplementasikan kompetensi manajerial dan kewirausahaan di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas sejumlah 37 kepala sekolah. Teknik pengambilan sampel kepala sekolah adalah sampel populasi. Instrumen dibuat dalam bentuk angket mengenai kompetensi manajerial dan kewirausahaan kepala sekolah yang terdiri dari angket kepala sekolah. Validasi instrumen menggunakan validasi ahli di bidang manajemen pendidikan. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kinerja kepala sekolah dalam mengimplementasikan kompetensi manajerial di Sekolah Dasar Negeri Se- Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas berdasarkan pendapat kepala sekolah mencapai 81,76% dari skor ideal 100% termasuk dalam ketegori sangat baik dengan perolehan masing-masing komponen (a) pelaksanaan program sekolah termasuk kategori sangat baik sebesar 85,02%, (b) pengorganisasian program sekolah termasuk kategori baik sebesar 80,91%, (c) pelaksanaan program sekolah termasuk kategori sangat baik sebesar 82,49%, dan (d) pengawasan program sekolah termasuk kategori baik sebesar 77,70%; dan (2) kinerja kepala sekolah dalam mengimplementasikan kompetensi kewirausahaan di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas berdasarkan pendapat kepala sekolah mencapai 74,65% dari skor ideal 100% termasuk dalam kategori baik dengan perolehan masing-masing komponen (a) menciptakan inovasi sekolah termasuk kategori sangat baik sebesar 81,42%, (b) bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah termasuk kategori baik sebesar 69,37, (c) motivasi untuk sukses termasuk kategori termasuk kategori baik sebesar 76,08%, (d) pantang menyerah dalam menyelesaikan kendala di sekolah termasuk kategori baik sebesar 78,92%, dan (e) pengelolaan unit produksi/jasa di sekolah termasuk kategori baik sebesar 69,86%.