@phdthesis{UNY66855, title = {PENGEMBANGAN MODUL MEKANIKA TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA}, author = {Lucky Lucky}, month = {December}, year = {2019}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran Mekanika Teknik untuk Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 3 Yogyakarta, (2) mengetahui hasil dan tingkat kelayakan yang diperoleh dari pengujian validasi modul sebagai sumber belajar Mekanika Teknik oleh ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R\&D) yang mengacu model penelitian dan pengembangan Sugiyono (2010). Penelitian ini meliputi sepuluh tahap, yaitu: (1) mencari potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi produk. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuisioner. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala 4 (empat). Angket tersebut digunakan dalam proses validasi ahli dan penilaian kelayakan pengguna (guru mata pelajaran Mekanika Teknik). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Modul pembelajaran Mekanika Teknik telah dihasilkan untuk kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan menggunakan sepuluh langkah pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono (2010), (2) Tingkat kelayakan modul pembelajaran Mekanika Teknik pada Program Keahliah Teknik Konstruksi dan Properti SMK Negeri 3 Yogyakarta ditentukan melalui tiga kegiatan penilaian produk yaitu: (a) hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh tingkat kelayakan sebesar 87,5\% dalam kategori sangat layak, (b) hasil penilaian oleh ahli media memperoleh tingkat kelayakan sebesar 90\% dalam kategori sangat layak, dan (c) hasil penilaian oleh dua orang guru mata pelajaran Mekanika Teknik, masingmasing memperoleh tingkat kelayakan sebesar 76,4\% dan 78,6\% dalam kategori sangat layak.}, keywords = {media pembelajaran, modul, mekanika teknik}, url = {http://eprints.uny.ac.id/66855/} }