@phdthesis{UNY65914, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2019}, month = {August}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MODUL TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA BLUS MATA PELAJARAN KHM BUSANA KELAS XI MAN GODEAN}, author = {Nanda Agnesia Tommi}, keywords = {Media Modul, Hasil Belajar, Pola Blus}, url = {http://eprints.uny.ac.id/65914/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pencapaian hasil belajar membuat pola blus sebelum menggunakan media modul sebagai alat bantu pembelajaran KHM Busana kelas XI MAN Godean, 2) Pencapaian hasil belajar membuat pola blus sesudah menggunakan media modul sebagai alat bantu pembelajaran KHM Busana kelas XI MAN Godean, 3) Pengaruh penggunaan media modul terhadap pencapaian hasil belajar membuat pola blus mata pelajaran KHM Busana kelas XI MAN Godean. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Subyek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI MAN Godean. Metode pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan membuat pola blus. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan menggunakan uji-t, melalui uji persyaratan normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pencapaian hasil belajar membuat pola blus sebelum menggunakan media modul yaitu 30,30\% telah memenuhi nilai standar KKM. 2) pencapaian hasil belajar membuat pola blus setelah menggunakan media modul yaitu 100,00\% siswa telah memenuhi nilai standar KKM, 3) pengaruh penggunaan media modul terhadap pencapaian hasil belajar membuat pola blus mata pelajaran KHM Busana kelas XI MAN Godean menunjukkan ada beda yang signifikan yaitu terdapat perbedaan pencapaian hasil belajar membuat pola blus sebelum dan sesudah menggunakan media modul. Besarnya rata-rata untuk data pre-test adalah sebesar 71,80 dan nilai rata-rata untuk data post-test adalah sebesar 89,77. Hasil ini menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar membuat pola blus siswa setelah menggunakan media modul sebagai alat bantu pembelajaran mata pelajaran KHM Busana meningkat sebesar 17,97 atau sebesar 25,03\%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media modul terhadap pencapaian hasil belajar membuat pola blus mata pelajaran KHM Busana kelas XI MAN Godean.} }