%T PENGARUH PROGRAM PILING (PIKET KELILING) DALAM MELATIH SIKAP PERCAYA DIRI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS XI DI SMK N 3 KLATEN %I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2019 %L UNY64453 %K Program Piling (Piket Keliling), Sikap Percaya Diri, dan Tanggung Jawab Siswa %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) sikap percaya diri siswa kelas X dan siswa kelas XI di SMK N 3 Klaten, (2) tanggung jawab siswa kelas X dan siswa kelas XI di SMK N 3 Klaten, (3) pengaruh program PILING dalam melatih sikap percaya diri siswa kelas XI di SMK N 3 Klaten, dan (4) pengaruh program PILING dalam melatih tanggung jawab siswa kelas XI di SMK N 3 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian quasi exsperimental. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X yang belum pernah mengikuti program PILING yang terdiri dari 5 kelas sebanyak 174 peserta didik dan kelas XI yang pernah mengikuti program PILING di SMK N 3 Klaten. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI yang pernah mengikuti program PILING di SMK N 3 Klaten sebanyak 113 siswa dan siswa kelas X yang belum pernah mengikuti program PILING sebanyak 118. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis Independent T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sikap percaya diri siswa kelas X SMK N 3 Klaten berada pada kategori sedang sebanyak 98 siswa (83,05%) dan sikap percaya diri siswa kelas XI SMK N 3 Klaten berada pada kategori sedang sebanyak 51 siswa (45,13%); (2) tanggung jawab siswa kelas X SMK N 3 Klaten berada pada kategori tinggi sebanyak 61 siswa (51,69%) dan tanggungjawab siswa kelas XI SMK N 3 Klaten berada pada kategori tinggi sebanyak 75 siswa (66,37%); (3) ada pengaruh program PILING (piket keliling) dalam melatih sikap percaya diri siswa kelas XI di SMK N 3 Klaten. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari t tabel (7,229>2,000) dan nilai signifikansi sebesar 0,008<0,05; dan (4) ada pengaruh program PILING (piket keliling) dalam melatih tanggungjawab siswa kelas XI di SMK N 3 Klaten. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari t tabel (6,315>2,000) dan nilai signifikansi sebesar 0,007<0,05. %A Chitra Permatasari