%I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2019 %T IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB BULLYING (STUDI KASUS KORBAN BULLYING PADA SISWA KELAS VI SD) %L UNY64184 %A Alfiah Nurul Utami %X Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab bullying pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kasus bullying yang terjadi pada siswa di SD Negeri X bertahun-tahun dan tidak diketahui guru-guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan sumber data primer dari siswa kelas VI (korban maupun pelaku bullying), guru, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni: observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) faktor individu berupa sikap yang terlalu pendiam dan konsep diri yang rendah membuat siswa berpotensi menjadi korban bullying; (2) faktor sekolah (iklim sekolah) yang negatif mendukung bullying yang terjadi; (3) faktor keluarga yang kurang harmonis menyebabkan siswa kehilangan sosok teladan dan memiliki konsep diri yang rendah; (4) faktor pertemanan yang tidak sehat akan menyebabkan siswa berpotensi menjadi pelaku bullying; (5) bentuk-bentuk bullying yang terjadi adalah bullying verbal dan psikologis/mental; (6) karakteristik pelaku bullying dilihat dari fisiknya yang lebih kuat dari korban, empati yang rendah, dan kekuasaan di kelas; (7) karakteristik korban bullying dilihat dari fisik yang lebih lemah, pendiam dan tidak berani melawan pelaku. Kata kunci : bullying, faktor-faktor, siswa