<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Next Generation Science Standards untuk Meningkatkan Keterampilan Planning Carrying Out Investigation dan Pemahaman Crosscutting Concept."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan praktis; dan (2) mendapatkan hasil uji keefektifan perangkat pembelajaran IPA berorientasi Next Generation Science Standards (NGSS) dalam \r\nmeningkatkan keterampilan planning carrying out investigation dan pemahaman crosscutting concept. \r\nMetode penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan menggunakan desain pengembangan 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Tahap define meliputi analisis awal, analisi peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap design meliputi pemilihan format perangkat perangkat pembelajaran, penyusunan instrumen, dan rancangan \r\nperangkat pembelajaran. Tahap develop meliputi validasi dosen ahli dan praktisi, uji terbatas, dan uji coba pengembangan serta tahap disseminate yaitu produk \r\nperangkat pengembangan disebarluaskan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 3 Tempel. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dengan desain eksperimen uji coba menggunakan pretest-posttest. Sampel penelitian adalah 32 peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik non tes, menggunakan lembar validasi produk, \r\nlembar keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar respon peserta didik terhadap LKPD, dan (2) teknik tes, menggunakan lembar berupa pilihan ganda untuk keterampilan planning carrying out investigation dan pemahaman crosscutting concept. Kevalidan RPP dan LKPD pembelajaran NGSS yang dikembangkan dianalisis secara kualitatif berdasarkan tabel konversi skala 4. Kevalidan instrumen \r\npenilaian dianalisis menggunakan Aiken V. Pada uji lapangan, keefektifan perangkat yang dikembangkan dianalisis berdasarkan rata-rata gain score dan \r\nsignifikansi multivariat dengan MANOVA dengan taraf signifikansi 0.05. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran IPA berorientasi NGSS yang dikembangkan valid dan praktis dengan kategori sangat baik dengan V= 0,92 (2) perangkat pembelajaran NGSS yang dikembangkan terbukti efektif meningkatkan keterampilan planning carrying out investigation dan pemahaman crosscutting concept peserta didik dengan menunjukkan hasil yang signifikan, dengan nilai sig. 0.000 pada taraf kepercayaan 95%."^^ . "2018-08-31" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Gustin"^^ . "Windriyana"^^ . "Gustin Windriyana"^^ . . . . . . "Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Next Generation Science Standards untuk Meningkatkan Keterampilan Planning Carrying Out Investigation dan Pemahaman Crosscutting Concept. (Text)"^^ . . . "tesis-gustin-windriyana-16708251018.swf"^^ . . "HTML Summary of #59849 \n\nPengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Next Generation Science Standards untuk Meningkatkan Keterampilan Planning Carrying Out Investigation dan Pemahaman Crosscutting Concept.\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Pengetahuan Alam" . .