eprintid: 59368 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/05/93/68 datestamp: 2018-08-30 03:02:44 lastmod: 2019-01-30 16:59:21 status_changed: 2018-08-30 03:02:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Imanudin, Ahmad title: PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: D9 subjects: ipa subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran darah berbasis flash sebagai alternatif media pembelajaran yang layak untuk kelas V SD Negeri Golo Yogyakarta. Multimedia ini diharapkan dapat mempermudah siswa dalam belajar serta menambah motivasi belajar siswa terhadap materi peredaran darah. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan prosedur penelitian mengadaptasi model 4D (Define, Design, Development, Dissemination) dari Thiagarajan yang di batasi pada tahap Development karena keterbatasan peneliti. Evaluasi produk yang dilakukan meliputi validasi ahli media dan ahli materi serta uji coba produk. Subjek coba pada penelitian ini berjumlah 30 siswa, dengan rincian dua siswa pada uji coba satu lawan satu, enam siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 22 siswa pada uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata validasi materi sebesar 4,72 dengan kategori sangat baik, skor rata-rata validasi media sebesar 4,4 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan pada uji coba pengguna, skor rata-rata pada uji coba satu lawan satu sebesar 4,53 dengan kategori sangat baik, skor rata-rata uji coba kelompok kecil sebesar 4,37 dengan kategori sangat baik, dan skor rata-rata uji coba lapangan sebesar 4,25 dengan kategori sangat baik. Hasil pengamatan peneliti ketika pengguna menggunakan media, siswa sangat antusias dalam menggunakan media, hal ini menunjukkan suatu indikasi bahwa siswa termotivasi untuk belajar. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif ini sudah layak digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran. Kata Kunci : multimedia interaktif, IPA, peredaran darah date: 2018-08-30 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Imanudin, Ahmad (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/59368/1/Ahmad%20Imanudin.pdf