%0 Thesis %9 S1 %A Hidayah, Isnaini Rahma %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:57632 %I PGSD %T PERBEDAAN ANTARA MODEL KOOPERATIF TIPE BERTUKAR PASANGAN DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PECAHAN SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH %U http://eprints.uny.ac.id/57632/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang berarti antara dua tipe model pembelajaran kooperatif. Kedua tipe tersebut adalahBertukar Pasangan dengan Make A Match dalam upaya meningkatkan hasil belajar pecahan siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan menerapkan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kaweron Muntilan dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dari 25 butir soal yang diujicobakan terdapat 15 butir soal yang dinyatakan valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus Kuder Richardson dan diperoleh nilai koefisien alpha reliabilitas 0,814 (pada kategori tinggi). Teknik analisis data dengan statistik inferensial Pengujian hipotesis dengan membandingkan mean, uji N-Gain serta t test dari kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang berarti antara model pembelajaran kooperatif tipe Bertukar Pasangan dengan Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar pecahan siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Mean posttest pada kelas bertukar pasangan menunjukkan 83,75 sedangkan mean posttest pada kelas make a match menunjukkan 81,67. Untuk uji N Gain kelas Bertukar pasangan menunjukkan 0,70 sedangkan uji N Gain pada kelas make a match menunjukkan 0,67. Hasil uji N Gain tersebut kemudian disesuaikan dengan kriteria pada hasil Uji N Gain. Di mana kedua hasil uji N Gain tersebut berada pada kriteria : 0,3 ≤ N-gain ≤ 0,7 (dalam kategori Sedang). Kata kunci: Model Kooperatif, Bertukar Pasangan, Make A Match, Hasil BelajarPecahan