@techreport{UNY52080, year = {2013}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {NUKE AJENG PRABAWATI NUKE AJENG PRABAWATI}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 7 PURWOREJO}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan kedalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga mahasiswa tidak hanya belajar secara teoritis saja. Kegiatan PPL dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 02 Juli sampai 16 September 2013 di SMA Negeri 7 Purworejo dapat bermanfaat bagi semua pihak, baik sekolah, perguruan tinggi, maupun mahasiswa. Kegiatan atau program PPL yang dilaksanakan antara lain; melaksanakan pembelajaran langsung di kelas, pembuatan perangkat pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, penyusunan buku petunjuk praktikum untuk kelas X, XI, dan XII, asistensi siswa yang sedang melakukan KIR, serta inventaris alat-alat laboratorium. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 7 Purworejo, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar mata pelajaran kimia di kelas X peminatan IPA yaitu kelas X IPA 3,4, dan 5 dan kelas XI IPA 1, 2, dan 3. Selama bulan Ramadhan mahasiswa melakukan praktek mengajar di kelas X IPA 4 setiap hari senin jam ke-4,dan Sabtu jam ke-5 dan ke-6. Kelas X IPA 5 mahasiswa mengajar setiap hari Rabu jam ke-3 dan ke-4, serta Kamis jam ke-5. Mahasiswa mengajar kelas XI IPA 1 setiap hari Senin jam ke-2, Rabu jam ke-7 dan ke-8, sertaSabtu jam ke-4. Mahasiswa mengajar di kelas XI IPA 2 pada hari Senin jam ke-7 dan ke-8, Kamis jam ke-1 dan ke-2, serta hari Sabtu jam ke-2. Mahasiswa juga mengajar di kelas XI IPA 3 pada hari Senin jam ke-5 dan ke-6, Rabu jam ke-6, dan hari Kamis jam ke-8 dan ke-9. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, pengetahuan penerapan kurikulum baru, proses pembelajaran, pengolahan kelas, cara mengevaluasi hasil belajar, dan pengelolaan hasil belajar. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/52080/} }