relation: http://eprints.uny.ac.id/51889/ title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK YAPPI WONOSARI BANSARI, KEPEK, WONOSARI GUNUNGKIDUL creator: DIHAN AYU OKTISARI, DIHAN AYU OKTISARI subject: LPPMP description: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 di Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan kependidikan dengan gelar sarjana pendidikan. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional sesuai dengan tuntutan era global sekarang ini. Dalam pelaksanaan PPL yang dilaksanakan di SMK YAPPI Wonosari mulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. kegiatan PPL ini bertujuan untuk belajar menyiapkan pembelajaran mata pelajaran Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangun Sederhana, dan mata pelajaran Pengoperasian Peralatan Pengendali Daya Tegangan Rendah. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilakukan di dalam kelas. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain adalah mempersiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi: Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Menyusun materi ajar, Praktik mengajar terbimbing dan mandiri, mempelajari dan melaksanakan administrasi guru serta berpartisipasi dalam kegiatan sekolah yang meliputi: Syawalan dan Halal bihalal, Upacara bendera, kegiatan memperingati hari kemerdekaan dan pemilihan ketua OSIS. Rencana kegiatan PPL adalah 12 jam setiap minggu dibagi 3 tatap muka, 6 jam untuk persiapan mengajar, 133 jam praktik mengajar di kelas, 32 jam evaluasi hasil pembelajaran, 14 jam penyusunan laporan, dan 134 jam kegiatan lain-lain. Persiapan mengajar meliputi penyusunan administrasi mengajar yang terdiri dari silabus, Rencana Pelasanaan Pembelajaran, perhitungan minggu efektif, penyusunan program tahunan, penyusunan program semester, dan sebagainya. Praktik mengajar dilaksanakan di kelas XI Listrik dan XII Listrik. Kegiatan praktik mengajar di kelas XI Listrik terlaksana 2 kali tatap muka dan kelas XII Listrik 1 kali tatap muka. Evaluasi pembelajaran meliputi evaluasi pembelajaran setiap kompetensi. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama pengalaman dalam mengajar di kelas. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan akan tetapi dengan kerjasama dan komunikasi yang baik, maka hambatan-hambatan tersebut dapat teratasi. publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta date: 2016 type: Monograph type: PeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/51889/1/15502247005_Dihan%20Ayu%20Oktisari_ELKA.pdf identifier: DIHAN AYU OKTISARI, DIHAN AYU OKTISARI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK YAPPI WONOSARI BANSARI, KEPEK, WONOSARI GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.