eprintid: 51462 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/05/14/62 datestamp: 2017-08-03 07:10:43 lastmod: 2019-05-09 08:06:28 status_changed: 2017-08-03 07:10:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Prasetyaningsih, Bekti title: Pengembangan Subject-Specific Paedagogy (SSP) IPA Berbasis Metode Guided-Discovery untuk Peningkatan Kompetensi Kognitif, Sikap Teliti dan Keterampilan Psikomotor pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Yogyakarta. ispublished: pub subjects: ipa divisions: pps_sains full_text_status: public keywords: guided discovery, kognitif, sikap teliti, psikomotor abstract: Tujuan penelitian adalah (1) menghasilkan produk SSP IPA yang layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kompetensi kognitif, sikap teliti dan keterampilan psikomotor siswa SMP kelas VIII. (2) mengetahui apakah SSP IPA hasil pengembangan dapat signifikan meningkatkan penguasaan kompetensi kognitif, sikap teliti dan keterampilan psikomotor pada siswa SMP kelas VIII. Model dan prosedur pengembangan dalam penelitian ini merupakan modifikasi langkah-langkah R & D Borg dan Gall, yaitu (1) observasi pendahuluan, (2) perancangan dan pengembangan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi draft, (4) uji coba draft kelapangan secara terbatas dan revisi, (5) persiapan uji coba dikelas , (6) uji coba di kelas dan (7) revisi produk akhir. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 4 Kota Yogyakarta. Desain uji produk lapangan adalah randomized control group pretest-postest design. Data yang diamati adalah respon terhadap proses pembelajaran, capaian kognitif, sikap teliti dan keterampilan psikomotor siswa. Analisis deskriptif kualitatif dan uji beda multivariat digunakan untuk memaknakan data dan revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk SSP berbasis guided discovery pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan yang dicobakan pada siswa SMP kelas VIII (1) layak digunakan dalam proses pembelajaran, dan (2) mampu meningkatkan secara signifikan penguasaan kompetensi kognitif, sikap teliti dan keterampilan psikomotor. date: 2017-07-28 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Prasetyaningsih, Bekti (2017) Pengembangan Subject-Specific Paedagogy (SSP) IPA Berbasis Metode Guided-Discovery untuk Peningkatan Kompetensi Kognitif, Sikap Teliti dan Keterampilan Psikomotor pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Yogyakarta. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/51462/1/tesis-bekti-prasetyaningsih-14708259002.swf