@phdthesis{UNY47165, month = {August}, author = {Mukarromah Isnaini}, title = {PELAKSANAAN KURIKULUM ADAPTIF DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2016}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses dan hasil dalam pelaksanaan kurikulum adaptif di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh tiga subjek penelitian, yaitu kepala sekolah, Guru Pembimbing Khusus,dan guru Kelas SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Waktu pelaksanaan penelitian ini yaitu pada bulan Juni 2016 sampai dengan bulan Juli 2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik induktif melalui langkah-langkah reduksi data (penyederhanaan), data display, dan pengambilan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang diperoleh menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Sudah ada kurikulum adaptif di SD Negeri Giwangan Yogyakarta. (2) Kurangnya kerjasama antara guru kelas dan Guru Pembimbing Khusus dalam pelaksanaan kurikulum adaptif di SD NEgeri Giwangan Yogyakarta. (3) Belum adanya standar administratif yang baku dari pemerintah terkait kurikulum adaptif di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/47165/} }