TY - THES PB - Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta TI - PENGARUH KEPEMIMPINAN DIRI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 WONOSARI ID - UNY43424 N2 - Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) pengaruh kepemimpinan diri terhadap motivasi berwirausaha (2) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap motivasi berwirausaha (3) pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha (4) pengaruh kepemimpinan diri, komunikasi interpersonal, dan pendidikan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha secara bersama-sama siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Wonosari. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi berwirausaha. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kepemimpinan diri, komunikasi interpersonal, dan pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah responden adalah 96 siswa dari seluruh kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Wonosari. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SPSS Statistics 20 dengan analisis deskriptif, korelasi, dan regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kepemimpinan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha sebesar 27,5% (2) Komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha sebesar 9,8% (3) Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha sebesar 17,4 % (4) Kepemimpinan diri, komunikasi interpersonal, dan pendidikan kewirausahaan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha sebesar 29,7%. Kata kunci: Kepemimpinan Diri, Komunikasi Interpersonal, Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Y1 - 2016/07/27/ A1 - Reny Vita Fatika, Reny AV - public M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/43424/ ER -