eprintid: 42674 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1280 dir: disk0/00/04/26/74 datestamp: 2016-10-24 02:17:20 lastmod: 2019-01-30 11:26:42 status_changed: 2016-10-24 02:17:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Uswatun, Khasanah title: PENGARUH PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE SMALL GROUP WORK PADA PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL MEMBATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 PANDAK ispublished: pub subjects: teknik_boga_busana divisions: ft_jurdik_boga_busana_pend_busana full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran muatan lokal membatik sebelum menggunakan model Active Learning Tipe Small Group Work di SMK Negeri 1 Pandak, 2) mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran muatan lokal membatik setelah menggunakan model Active Learning Tipe Small Group Work di SMK Negeri 1 Pandak, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan model Active Learning Tipe Small Group Work terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran muatan lokal membatik di SMK Negeri 1 Pandak. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan one group pretestposttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Busana Butik SMK Negeri 1 Pandak sebanyak 64 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan perolehan sampel kelas XI Busana Butik 1 sebanyak 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan penilaian unjuk kerja. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstrak, sedangkan reliabilitas instrumen tes menggunakan KR-20 dengan hasil sebesar 0,846, lembar observasi menggunakan alpha cronbach dengan hasil sebesar 0,812, dan antar-rater untuk penilaian unjuk kerja dengan hasil sebesar 0,895. Untuk analisis data dengan menggunakan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) hasil belajar siswa pada pembelajaran muatan lokal membatik sebelum menggunakan model Active Learning Tipe Small Group Work sebagian siswa berada pada kategori tuntas sebanyak 18 siswa (56%) dan pada kategori belum tuntas sebanyak 14 siswa (44%), 2) hasil belajar siswa pada pembelajaran muatan lokal membatik setelah menggunakan model Active Learning Tipe Small Group Work seluruh siswa berada pada kategori tuntas yaitu sebanyak 32 siswa (100%), 3) terdapat perbedaan signifikan pada penggunaan model Active Learning Tipe Small Group Work terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji t (t-test) diperoleh t hitung 9,718 > tabel t 2,034, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model Active Learning Tipe Small Group Work terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran muatan lokal membatik dengan kompetensi membuat teknik jumputan di SMK Negeri 1 Pandak. Katalkuncil:iModel Active Learning Tipe Small Group Work, pembelajaran imuatan lokal membatik, kompetensi membuat teknik jumputan date: 2012 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Fakultas Teknik thesis_type: skripsi citation: Uswatun, Khasanah (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE SMALL GROUP WORK PADA PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL MEMBATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 PANDAK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/42674/1/Uswatun%20Khasanah%2008513241004.pdf