%T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS II B SD NEGERI MARGOYASAN YOGYAKARTA %I PGSD %D 2016 %L UNY37900 %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas II B SD Negeri Margoyasan Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu keterampilan menyimak cerita dan variabel bebas yaitu media boneka tangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II B SD Negeri Margoyasan yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas II B SD Negeri Margoyasan Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai mean pretest keterampilan menyimak cerita sebesar 79,96 dan mean posttest sebesar 88,79. Selisih nilai mean pretest dan mean posttest sebesar 8,83. Kata kunci: media boneka tangan, keterampilan menyimak cerita, SD %A Diah Ayu Widowati