%X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah serta menggali berbagai informasi yang ada disekolah untuk meningkatkan kualitas mengajar mereka. Dalam kesempatan ini praktikan mengajar PPL matematika kelas VIII A dan VIII C di SMP N I Cangkringan dengan didampingi bapak Suharto, S.Pd dan dosen pembimbing Prof. Dr. H. Rusgianto Heri Santosa. Pembelajaran matematika dilaksanakan dengan beberapa tahap yaitu, pembuatan RPP serta LKS operasi aljabar dan pemfaktoran bentuk aljabar, konsultasi dengan dosen dan guru pembimbing, pelaksanaan mengajar dikelas, lalu evaluasi oleh guru pendamping yang selalu hadir dalam pembelajaran dikelas. Pembelajaran masih mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 yang divariasi dengan suasana belajar individu dan kelompok, serta mengedepankan student centered learning. Pembelajaran dilakukan dalam 25 pertemuan yang dikemas dalam 9 RPP. Setelah pembelajaran dilakukan evaluasi melalui ulangan harian, yang hasilnya 4 siswa memenuhi nilai KKM di kelas VIII A dan 2 siswa di kelas VIII C. Setelah itu dianalisis kesulitan siswa dan dilakukan remidi/ pengayaan. Hasilnya seluruh siswa memenuhi nilai KKM. Secara keseluruhan kegiatan PPL lancar. Hanya saja terdapat berbagai hambatan seperti siswa yang sulit diatur, kurangnya penguasaan kelas, dan kurangnya kesiapan mahasiswa. Akan tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan persiapan matang dihari berikutnya serta mencoba untuk memvariasi pembelajaran di kelas agar siswa tidak bosan dan mudah dikondisikan. %A Rita Suryani Rita Suryani %K Matematika, VIII, dan Metode Pembelajaran %L UNY36626 %J laporan ppl %D 2015 %I LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015 SMPN 1 CANGKRINGAN