%I LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta %D 2015 %J laporan ppl %T LAPORAN AKHIR PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN YOGYAKARTA DESA PURWOMARTANI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN %L UNY36129 %K PLS, Desain Program, Manajaemen Diklat %X Magang III / PPL merupakan wahana bagi seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Pendidikan Luar Sekolah (PLS) adalah salah satu jurusan yang membekali para mahasiswa untun menjadi seorang pendidik masyarakat/ pendidikan non formal. Keterkaitan adanya jurusan PLS dengan program yang ada di BBPPKS bisa dilihat dengan adanya kegiatan setting masyarakat dan penyelenggaraan diklat dimana kegitan tersebut masuk dalam rana PLS. Selama kegiatan PPL/Magang III ini berlangsung, yang pertama yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu melakukan kegiatan desain bimbingan teknis untuk program setting masyarakat. Kegiatan tersebut diawali dengan pelaksanaan Training Need Assesment (TNA) Prambanan. Setelah diperoleh data dari kegiatan TNA dilakukan analisis terhadap masalah, sumber dan potensi. Sehingga dari analisis dapat diketahui kebutuhan dari masing – masing lokasi. Dengan demikian, mahasiswa merancang desain kurikulum dari hasil analisis kebutuhan untuk menjadi pedoman dalam kegiatan bimbingan teknis yang akan dilakukan. Dalam kegiatan pelaksanaan diklat di BBPPKS veteran, mahasiswa Magang III di bagi menjadi 3 tiga bagian secara bergantian tiap harinya yaitu membantu panitia, pendamping kelas dan Co-Fasilitator. Salah satu partisipasi secara langsung yang dilakukan mahasiswa yaitu saat mengisi kegiatan dinamika kelompok. Sehingga mahasiswa memperoleh ilmu dan pengalaman yang berharga dan bermanfaat untuk bekal menghadapi dunia kerja yang sebenarnya nantinya dan bisa mempraktekkan ilmu ke PLS an yang dimilikinya secara langsung %A Gus Mali Gus Mali