eprintid: 35304 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/53/04 datestamp: 2016-06-23 08:09:56 lastmod: 2019-10-01 11:52:28 status_changed: 2016-06-23 08:09:56 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Sailah Ribha, Sailah Ribha title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) DI SMK YPKK 1 SLEMAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Bimbingan dan Konseling, Praktik Pengalaman Lapangan abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengalaman dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah, melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kegiatan PPL dilaksanakan secara terpadu oleh seluruh jurusan pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta, begitu pula dengan Program Studi Bimbingan dan Konseling. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling di sekolah merupakan salah satu kegiatan yang bersifat intrakurikuler sehingga harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa. Kegiatan ini mencakup pemahaman mengenai berbagai aspek kependidikan dan pemberian berbagai bentuk layanan bimbingan yang dapat diberikan oleh seorang guru pembimbing, dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan layanan Bimbingan dan konseling secara profesional di Sekolah. Pelaksanaan PPL tahun ini dilaksanakan pada semester khusus dimulai dari tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Dalam hal ini praktikan melaksanakan kegiatan tersebut di SMK YPKK 1 Sleman, yang beralamat di Jl. Sayangan 06, Mejing, Ambarketewang, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Keseluruhan pelaksanaan PPL tahun ini dapat dikatakan lancar dan terlaksana dengan baik sesuai program yang telah direncanakan selama kurang lebih satu bulan. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan praktik mengajar, dan evaluasi. Beberapa persiapan yang dilakukan diantaranya konsultasi dengan guru / dosen pembimbing, menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPL dan media pembelajaran yang bertujuan memfasilitasi proses bimbingan dan pengoptimalan potensi siswa . Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal 4 kali pertemuan dengan alokasi waktu 1 x 45 menit. Pada akhirnya kegiatan PPL yang telah dilaksanakan sekurang-kurangnyasatu bulan ini benar-benar memberikan manfaat bagi praktikan. date: 2015 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Sailah Ribha, Sailah Ribha (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) DI SMK YPKK 1 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/35304/1/SAILAH%20RIBHA%20%28%2012104241031.BK.FIP%20%29.pdf