relation: http://eprints.uny.ac.id/33321/ title: Pemanfaatan Model Direct Instruction dan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli di SMKN 2 Depok Mrican creator: Rizkyanto, Willy Ihsan subject: Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi description: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan passing Bola voli melalui perpaduan model pengajaran Direct Instruction (DI) dan Cooperative Learning (CL). Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 2 Depok Mrican, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X Teknik Pemesinan berjumlah 32 siswa. Terbagi menjadi 30 siswa laki-laki dan 2 orang siswa perempuan. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan tekstual analisis. Data proses pembelajaran yang dicatat selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Ketuntasan klasikal tentang keterampilan motorik dapat dinyatakan sebagai berikut; (a) nilai awal sebelum siklus : 18/32 x 100% = 56%, (b) siklus I: 21/32 x 100% = 65%, dan (c) siklus II: 25/32 x 100% = 78%. Dari data ini dapat dilihat bahwa nilai awal sebelum dilakukan tindakan menunjukan baru terdapat 18 siswa yang nilainya sudah mencapai KKM, pada siklus I terjadi penambahan jumlah siswa yang memiliki keterampilan di atas KKM yaitu 21 siswa, dan pada siklus II jumlah siswa yang memiliki keterampilan di atas KKM sebanyak 25 siswa dari semua anggota kelas yang berjumlah 32 siswa. Walaupun presentase kelulusan tidak mencapai 100%, presentase tersebut sudah memenuhi target yang ditetapkan dari awal, sejumlah 75% date: 2016-05-31 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/33321/1/tesis-willy-ikhsan-rizkyanto-14711251030.pdf identifier: Rizkyanto, Willy Ihsan (2016) Pemanfaatan Model Direct Instruction dan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli di SMKN 2 Depok Mrican. S2 thesis, UNY.