TY - RPRT UR - http://eprints.uny.ac.id/32854/ AV - public KW - Tunanetra KW - Yaketunis KW - PPL 2 TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II DI SLB-A YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM YOGYAKARTA Jalan Parangtritis No. 46 RT.66 RW.18 Mantrijeron, Yogyakarta 55641 ID - UNY32854 M1 - project_report A1 - ARRY ADIATMA, ARRY ADIATMA PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Program PPL II dilaksanakan di SLB-A Yaketunis yang dimulai pada tanggal 10 Agustus 2014 sampai tanggal 12 September 2014. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam pelaksanaan praktik mengajar siswa tunanetra. Program PPL II juga bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengelola administrasi sekolah, penyusuan RPP, serta pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Program PPL II di SLB-A Yaketunis terdiri dari 2 kegiatan, yakni kegiatan kurikuler, dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan kurikuler terdiri dari praktik mengajar yang dilaksanakan sebanyak 7 kali pertemuan dengan sistem roling kelas, serta kegiatan menggantikan guru mengajar di kelas. Kegiatan ekstrakurikuler terdiri dari pendampingan kegiatan pramuka, upacara bendera hari Senin, serta pembaharuan administrasi sekolah. Kegiatan lainnya yang dilaksanakan adalah kegiatan insidental yang terdiri kunjungan, perayaan HUT Ri ke-70, serta pendampingan pemilihan pengurus OSIS. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL II memiliki peranan yang penting untuk mahasiswa kependidikan. Mahasiswa mampu memperoleh pengalaman nyata dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah sebagai bekal pengalaman di masa mendatang. Program PPL II juga memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam berinteraksi dan bersosialisasi dengan warga sekolah yang terdiri dari guru, karyawan, orang tua, serta siswa, terutama siswa tunanetra sebagai bekal kehidupan di masyarakat. Y1 - 2015/// ER -