TY - THES M1 - skripsi ID - UNY30044 TI - KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI MAN TULUNGAGUNG 1 JAWA TIMUR AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/30044/ Y1 - 2016/02/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah. Selain itu, penelitian ini bertujuan menguji keefektifan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI MAN Tulungagung 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Tulungagung 1. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan bahwa kelas XI IPA U2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis cerpen. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran menulis cerpen tanpa menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t skor tes awal kelompok eksperimen dan tes akhir kelompok kontrol sebesar 6,177 dengan db 62 dan nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari 5% (p<0,05). Penelitian ini juga menunjukkan bahwa strategi Pembelajaran Berbasis Masalah efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas XI MAN Tulungagung 1. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t skor tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen sebesar 40,034 dengan db 28 diperoleh nilai p 0,000. Tes awal dan tes akhir kelompok kontrol diperoleh thitung 2,972 dengan db 34 dan p 0,005. A1 - Susilo, Sus PB - Universitas Negeri Yogyakarta ER -