%T PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS V SD N SENDANGADI 1 MLATI %D 2015 %I PGSD %L UNY28901 %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang dikembangkannya karakter tanggung jawab siswa, belum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam mengembangkan sikap karakter tanggung jawab siswa, dan belum diketahuinya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap karakter tanggung jawab belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap karakter tanggung jawab pada pembelajaran PKn siswa kelas V SD N Sendangadi 1 Mlati. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan bentuk Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sendangadi 1 Mlati yang berjumlah 58 siswa, terdiri dari 30 siswa kelas VA dan 28 siswa kelas VB. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan dua kelompok yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Sedangkan, kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasanya dilaksanakan oleh guru. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji t, dengan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap karakter tanggung jawab pada pembelajaran PKn siswa kelas V SD Negeri Sendangadi 1 Mlati. Hasil ini dibuktikan dengan hal-hal berikut: rata-rata skor karakter tanggung jawab siswa kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan menunjukkan angka 26, hal ini berbeda jauh dengan skor rata-rata yang diperoleh siswa setelah adanya perlakuan, yaitu mencapai skor 30,75. Data lain menunjukkan rata-rata skor kelas kontrol setelah diberi perlakuan hanya menunjukkan skor 27,13. Hal ini juga didukung dengan uji t sebagai analisis datanya. Dari hasil uji t antara hasil setelah perlakuan pada kedua kelompok diperoleh t hitung>t tabel yaitu 3,531>2,00324 dan nilai probabilitas signifikansi<0,05 yaitu 0,001. Kata kunci: model pembelajaran kooperatf tipe Jigsaw, karakter tanggung jawab, kelas V SD. %A Widy Dyah Mulyani