%0 Thesis %9 S1 %A Pikasari, Desi Tri %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2013 %F UNY:20944 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K minat baca, kebiasaan menyimak, berita, menulis narasi sugestif %T HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN KEBIASAAN MENYIMAK BERITA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SUGESTIF SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA TAHUN AJARAN 2012/2013 %U http://eprints.uny.ac.id/20944/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca berita dengan kemampuan menulis narasi sugestif siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara tahun ajaran 2012/2013; (2) ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak berita dengan kemampuan menulis narasi sugestif siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara tahun ajaran 2012/2013; (3) ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan kebiasaan menyimak berita secara bersama-sama dengan kemampuan menulis narasi sugestif siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan model korelasional. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dengan skala Likert dan tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara dengan jumlah sampel 174 atau 59% dari jumlah populasi. Uji instrumen dilakukan dengan menggunakan Alpha Cronboach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5% dan analisis regresi dua prediktor. Analisis data meliputi pengujian persyaratan analisis yang berupa uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca berita dengan kemampuan menulis narasi sugestif siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara dengan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,710>0,148) dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak berita dengan kemampuan menulis narasi sugestif siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara dengan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,707>0,148) dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan kebiasaan menyimak berita secara bersama-sama dengan kemampuan menulis narasi sugestif siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, rhitung lebih besar dari rtabel (0,773>0,148) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05).