@phdthesis{UNY20689, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2014}, month = {April}, author = {Rima Lusiana}, title = {KEEFEKTIFAN STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNALS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 PURWOREJO}, url = {http://eprints.uny.ac.id/20689/}, keywords = {strategi double entry journals, kemampuan menulis eksposisi}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji perbedaan kemampuan menulis eksposisi antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi double entry journals dan yang tidak menggunakan strategi double entry journals, (2) menguji keefektifan strategi double entry journals dalam pembelajaran menulis eksposisi pada siswa kelas X SMA N 7 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest ? posttest control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Purworejo. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling diperoleh kelas X IPA 4 sebagai kelompok eksperimen dan X IPA 5 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan pretest dan posttest yang dilakukan kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 16.0. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf sinifikansi 5\%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis uji-t independen data posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, diperoleh th sebesar 0.076 dan p sebesar 0.22. Hasil uji-t berhubungan kelompok eksperimen diperoleh th sebesar 6.006 dan p sebesar 0. 000. Kenaikan skor rerata kelompok eksperimen sebesar 7.5 dan kenaikan skor rerata kelompok kontrol sebesar 4.94. Berdasarkan data tersebut simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis eksposisi yang signifikan antara siswa kelas X SMA Negeri 7 Purworejo yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi double entry journals dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi double entry journals, (2) strategi double entry journals efektif digunakan dalam pembelajaran menulis eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Purworejo.} }