eprintid: 19668 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1256 dir: disk0/00/01/96/68 datestamp: 2015-05-29 01:52:44 lastmod: 2019-01-29 22:59:43 status_changed: 2015-05-29 01:52:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ahmad, Gazali title: PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU SMK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO-VIDEO SE KOTA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: G9 full_text_status: public abstract: PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU SMK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO-VIDEO SE KOTA YOGYAKARTA Oleh Ahmad Gazali NIM. 05502241009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk; mengetahui latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar dan profesionalisme guru; mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan terhadap profesionalisme guru; mengetahui pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru; dan mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme. Populasi penelitian ini adalah para guru SMK yang mengajari siswa jurusan teknik audio-video se kota Yogyakarta yang berada di lima SMK. Sampel berjumlah 203 guru, penentuan jumlah sampel menggunakan aturan Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dan pengambilan sampel menggunakan teknik disproportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket. Uji validitas dengan menggunakan product moment dan uji reliabilitas dengan alpha cronbach. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan; Tinjauan untuk profesionalisme guru, terdapat 175 orang guru (86,21%) dengan kategori sangat tinggi, 27 orang guru (13,30%) dengan kategori tinggi, 1 orang guru (0,49%) dengan kategori rendah, dan tidak ada guru (0%) dengan kategori sangat rendah; Latar belakang pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru, ditunjukkan dengan nilai b sebesar 9,47 dan nilai Fhitung > Ftabel (111,325 > 3,89); Pengalaman mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru, ditunjukkan dengan nilai b sebesar 9,7 dan nilai Fhitung > Ftabel (132,851 > 3,89); Latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru, ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi X1 – Y (b1) sebesar 4,278 dan koefisien regresi X2 – Y (b2) sebesar 6,484; dan nilai Fhitung > Ftabel (74,442 > 3,04). date: 2015-05-29 date_type: published institution: UNY department: Fakultas Teknik thesis_type: skripsi citation: Ahmad, Gazali (2015) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU SMK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO-VIDEO SE KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/19668/1/AHMAD%20GAZALI-05502241009.pdf