TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kurikulum 2013 terkait dengan standar proses pada pembelajaran sosiologi kelas X di SMA N 2 Ngaglik meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran serta kendala-kendalanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan yaitu guru mata pelajaran sosiologi, peserta didik, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Data hasil penelitian diperoleh melalui observasi pada saat proses pembelajaran sosiologi, wawancara dengan guru sosiologi, peserta didik, kepala sekolah, dan pengawas serta diperkuat dengan hasil dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan sumber. Proses analisis data kualitatif menggunakan konsep analisis Interaktif melalui: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi kurikulum 2013 khususnya pada pembelajaran sosiologi di SMA N 2 Ngaglik sudah berusaha mengimplementasikan standar proses sesuai kurikulum 2013 meliputi perencanaan pembelajaran dengan cara mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun secara mandiri oleh guru sosiologi. Pelaksanaan pembelajaran sosiologi sudah menggunakan pendekatan saintifik dengan menggunakan metode diskusi dan presentasi, melakukan penilaian hasil belajar sosiologi meliputi penilaian unjuk kerja, tes tertulis, tes lisan, penilaian sikap, penilaian proyek, penilaian portofolio, dan penilaian diri, melakukan pengawasan proses pembelajaran meliputi pemantauan, supervisi, pelaporan, dan tindak lanjut. Akan tetapi, fakta dilapangan bahwa dalam mengimplementasikan standar proses belum maksimal karena mengalami kendala. Beberapa kendala yang dialami dalam mengimplementasikan standar proses diantaranya: (1) Distribusi buku teks belum optimal (2) Guru kurang mampu menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik (3) Guru merasa belum siap menerapkan sistem penilaian kurikulum 2013 (4) Keterbatasan ruangan dan Liquid Crystal Display (LCD) sebagai penunjang proses pembelajaran (5) Kesibukan menyebabkan kendala bagi pengawas. Kata kunci: Kurikulum 2013, Standar Proses, Pembelajaran Sosiologi Y1 - 2015/// A1 - Indrawati, Vindha Tursia PB - Fakultas Ilmu Sosial ID - UNY19521 M1 - skripsi AV - public TI - Implementasi Kurikulum 2013 Terkait Dengan Standar Proses Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X di SMA N 2 Ngaglik UR - http://eprints.uny.ac.id/19521/ ER -