%0 Thesis %9 S1 %A Purwanti, Deni %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2014 %F UNY:18368 %I u %K keefektifan, Metode Listening Team, pembelajaran diskusi %T KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM PADA PEMBELAJARAN DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIDOHARJO, SRAGEN %U http://eprints.uny.ac.id/18368/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan keterampilan berdiskusi antara kelompok yang mendapat pembelajaran berdiskusi menggunakan metode Listening Team dan kelompok yang mendapat pembelajaran berdiskusi tanpa menggunakan metode Listening Team. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan metode Listening Team pada pembelajaran berdiskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidoharjo, Sragen. Desain penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan group pretest-posttest design. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa skor t hitung sebesar -5,061 dengan db 63 dan p sebesar 0,000. Skor p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,050) maka terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil perhitungan gain score pada kelompok kontrol sebesar 0,1705 dan kelompok eksperimen sebesar 0,4706. Nilai g pada kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan kelompok kontrol maka metode Listening Team efektif digunakan dalam pembelajaran diskusi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan keterampilan berdiskusi antara kelompok yang mendapatkan pembelajaran berdiskusi dengan Metode Listening Team dan kelompok yang mendapat pembelajaran berdiskusi tanpa menggunakan Metode Listening Team; (2) Metode Listening Team efektif digunakan dalam pembelajaran berdiskusi.