eprintid: 17552 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/01/75/52 datestamp: 2015-04-27 02:31:06 lastmod: 2019-05-09 02:00:57 status_changed: 2015-04-27 02:31:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Suyatmin, Suyatmin title: Pengembangan Modul Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Taman Kanak-kanak ispublished: pub subjects: olahraga divisions: pps_ikora full_text_status: public keywords: pengembangan, perilaku hidup bersih dan sehat, siswa taman kanak-kanak abstract: Masih kurangnya materi kesehatan pada Taman Kanak-kanak dapat menghambat guru dalam proses pembelajaran kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat yang dapat digunakan guru Taman Kanak-kanak dalam pembelajaran kesehatan, serta sebagai tambahan referensi guru Taman Kanak-Kanak tentang Pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba produk, (9) revisi Produk, (10) Produksi Masal. Uji coba skala kecil dilaksanakan di TK Kadipiro 01, Kadipiro , Jumapolo, Karanganyar, TK Kadipiro 02, Kadipiro, Jumapolo, Karanganyar, dan TK Aisyiyah Jumapolo, Karanganyar. Uji coba skala besar dilaksanakan pada 7 sekolah taman kanak-kanak yaitu: (1). Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 3 Krendowahono, Gondangrejo. (2). TK Dharma Wanita Krendowahono, Gondangrejo. (3). TK Dharma Wanita Dayu, Gondangrejo. (4). TK Sudirman Bulurejo, Gondangrejo. (5). TK Sudirman Wonorejo, Gondangrejo. (6). TK Dharma Wanita Tuban, Gondangrejo. (7). TK Aisyiyah 2 Krendowahono, Gondangrejo. Instrumen pengumpul data penelitian meliputi angket untuk ahli materi, ahli media, dan guru Taman Kanak-kanak. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah modul pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat pada Taman Kanak-kanak Kelompok B. berdasarkan penilaian para pakar dan praktisi, dapat ditarik kesimpulan bahwa modul pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat pada Taman Kanak-kanak kelompok B dikatagorikan baik, sehingga layak untuk digunakan. date: 2015 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Suyatmin, Suyatmin (2015) Pengembangan Modul Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Taman Kanak-kanak. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/17552/1/abstrak-suyatmin.pdf