TY - THES TI - SEBAGAI SALAH SATU TOLOK UKUR DALAM PENGUKURAN KINERJA TAHUN 2013 (STUDI KASUS PADA RS X) AV - public M1 - skripsi ID - UNY15563 UR - http://eprints.uny.ac.id/15563/ N2 - SEBAGAI SALAH SATU TOLOK UKUR DALAM PENGUKURAN KINERJA TAHUN 2013 (STUDI KASUS PADA RS X) Oleh : ADITYA ARISUDHANA 10412141029 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Rumah Sakit X tahun 2013 berdasarkan Balanced Scorecard. Pengukuran kinerja berdasarkan empat perspektif yang terdapat di dalam Balanced Scorecard, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit X. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk perspektif keuangan, perspektif pelanggan serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan sedangkan untuk perspektif proses bisnis internal menggunakan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Rumah Sakit X tahun 2013 dilihat dari (1) perspektif keuangan dapat dikatakan baik untuk pertumbuhan pendapatan sebesar 47,11%; ROA sebesar 40,27%; ROE sebesar 50,08%, namun terdapat 2 kriteria yang dinilai kurang yaitu perubahan biaya sebesar 31,86% dan tingkat biaya modal sebesar 80,43% (2) perspektif pelanggan dapat dikatakan baik untuk akuisisi pelanggan rawat inap sebesar 129.45%, rawat jalan sebesar 57,08% serta retensi pelanggan rawat jalan sebesar 88.51%, sedangkan untuk retensi pelanggan rawat inap masih kurang sebesar 0,57% (3) proses bisnis internal dapat dikatakan baik untuk proses inovasi dan proses operasional namun masih kurang dalam respond times (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dikatakan baik untuk retensi karyawan dan sedang untuk komponen pelatihan. Y1 - 2014/// PB - Fakultas Ekonomi A1 - Arisudhana Aditya, Aditya ER -