%0 Thesis %9 S1 %A Ardian, Biantara %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2013 %F UNY:14825 %I PGSD %T PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BLONDO 3 KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG %U http://eprints.uny.ac.id/14825/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Role Playing terhadap hasil belajar domain kognitif dan afektif pada mata pelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri Blondo 3. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Blondo 3 berjumlah 40 siswa, dengan rincian 20 siswa kelas VA dan 20 siswa kelas VB. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu metode Role Playing dan pembelajaran biasa menggunakan ceramah bervariasi, variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol adalah kesepakatan guru mata pelajaran IPS dengan peneliti yaitu melalui undian sederhana. Kelas VA ditetapkan sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data untuk hasil belajar domain kognitif dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahap yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan khusus dengan metode Role Playing dibandingkan kelas yang diberi perlakuan dengan pembelajaran biasa menggunakan ceramah bervariasi. Hasil observasi afektif kelas eksperimen berada pada rentang skor 18,71 yang berarti masuk kategori tinggi dan kelas kontrol berada pada rentang skor 12,68 yang berarti masuk kategori rendah. Berdasarkan hasil uji-t (t-test) pada selisih skor hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai t sebesar 2,738, Nilai t hitung > t tabel (2,738 > 1,686). Kelas eksperimen memperoleh peningkatan hasil belajar rata-rata sebesar 19,10 sedangkan kelas kontrol sebesar 9,35. Kata kunci : hasil belajar IPS, metode role playing