PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK BUKU DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS3 PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 1 TEMPEL

Hector , Fernandez (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK BUKU DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS3 PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 1 TEMPEL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 05208244044.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 05208244044.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 05208244044.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 05208244044.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 05208244044.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer pada pembelajaran seni musik dalam bentuk buku digital sebagai apresiasi siswa terhadap perkembangan teknologi saat ini. Pada penelitian ini, penelitian membahas pengembangan media pembelajaran yang berguna untuk materi bahan ajar dengan kemasan yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Media pembelajaran ini dibuat dan didesain agar siswa lebih aktif sehingga terjadi interaksi antara siswa, guru dan proses belajar mengajar lebih menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian research and develoment (R&D). Ada 6 langkah yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu potensi dan masalah, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk dan revisi produk. Penelitian ini, menggunakan dua instrumen: (1) angket, (2) tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan sofware adobe flash CS3, yang menghasilkan media buku digital terdiri isi materi, audio, dan gambar. Materi yang dibahas dalam media pembelajaran adalah jenis alat musik untuk SMP kelas VIII. (2) Media pembelajaran yang dihasilkan sudah baik ini dibuktikan dari penilaian responden terhadap buku digital dengan nilai persentase sebesar 84,86%. Adanya audio dan gambar di dalam buku digital ini dapat menambah ketertarikan siswa terhadap buku digital dan membantu siswa agar memahami lebih tepat alat musik yang mereka belum pernah ketahui sebelumnya. Dari hasil nilai rata-rata pre-test sebesar 52,16 dan nilai rata-rata post-test sebesar 79,16 membuktikan bahwa media yang dihasilkan dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran seni musik. Dengan demikian penggunaan media buku digital sudah layak dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 03:51
Last Modified: 29 Jan 2019 18:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9930

Actions (login required)

View Item View Item