KEEFEKTIFAN PENERAPAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS V SD N DEMANGAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Dedy Atmanto Wahyu , Widodo (2012) KEEFEKTIFAN PENERAPAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS V SD N DEMANGAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108241156.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108241156.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108241156.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover - 08108241156.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108241156.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sains di sekolah dasar yang cenderung membosankan menjadi kendala bagi siswa dan guru untuk mengoptimalkan kegiatan belajar yang efektif. Keadaan belajar yang rileks dan hati yang senang dapat menjadikan pembelajaran akan cepat masuk dan melekat pada diri siswa. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui keefektifan penerapan Quantum Teaching terhadap hasil belajar sains materi daur air kelas V SDN Demangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Demangan tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi Quantum Teaching dengan pemberian LKS pada materi daur air lebih signifikan dan efektif dibanding pembelajaran dengan cara konvensional (kontrol) pada siswa kelas V SDN Demangan tahun ajaran 2011/2012, ditunjukkan dengan hasil uji mean dan rata-rata peningkatan hasil post test terhadap pre test kelompok eksperimen yaitu 18,68 lebih besar dibanding kelompok kontrol yaitu 3,09. Kata kunci: Quantum Teaching, hasil belajar sains.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, hasil belajar sains.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 03:46
Last Modified: 29 Jan 2019 18:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9910

Actions (login required)

View Item View Item